Selasa, 05 November 2019

MAKALAH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN: MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN EKONOMI


MAKALAH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN:
MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN EKONOMI
Dosen Pembimbing :
Prof. Dr. H. Soetarno Joyoatmojo, M.pd
logo uns
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran
Disusun Oleh :
1.      Nur Faidah                        (K7617059)
PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2018
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap puji dan syukur atas berkat rahmat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan makalah yang Multimedia Untuk Pembelajaran Ilmu Ekonomi, makalah ini mencangkup pengembangan dengan model ASSURE multimedia untuk pembelajaran ilmu ekonomi dan langkah-langkah penggunaan multimedia yang telah dikembangkan dengan model ASSURE untuk pembelajaran Ekonomi dengan tepat waktu.
Sebagai tugas dalam memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Pembelajaran, penulis mengucapkan terimakasih pada pihak-pihak yang telah memberikan pengarahan, bimbingan serta dukungan dalam penyusunan makalah ini, yaitu:
1.  Allah SWT yang telah memberikan petunjuk dan berbagai kemudahan dalam menyelesaikan makalah ini.
2.  Prof. Dr. H. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah Teknologi Pembelajaran sebagai pembimbing kelompok kami.
3.  Teman-teman yang selalu memberikan semangat dan dukungan pada kami.
Penulis menyadari akan segala kekurangan dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan sehingga menjadikan perbaikan dan dorongan untuk menjadi lebih baik. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat menambah wawasan.
Surakarta, 18 Mei 2018
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………………………………..i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ……ii
KATA PENGANTAR ISI……………………………………………………….iii
BAB I PENDAHULUAN
A      Latar Belakang…………………………………………………………….1
B       Rumusan Masalah…………………………………………………………2
C       Tujuan Masalah……………………………………………………………2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengembangan Model  ASSURE  Multimedia Untuk Pembelajaran
Ilmu Ekonomi……………………………………………………………3
B.     Langkah-Langkah Pengunaan Multimedia Yang Telah dikembangkan
dengan Model ASSURE  untuk Pembelajaran Ilmu Ekonomi………….21              
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan…………………………………………………………….28
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………29


BAB I
PENDAHULUAN
A      LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakang ini berkembang dengan cepat sehingga dengan perkembangannya mampu mengubah berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Di era global sekarang ini pendidikan secara dinamis mengikuti perkembangan IPTEK dengan penggunaan multimedia yang menunjang proses pembelajaran terjadi secara lebih efisien. 
Menurut Russell, Heinich, dan Mollenda (2005 : 141) mengatakan bahwa “Multimedia systems may consist of traditional media in combination or they may in corporate in the computer as a display device for text, pictures, graphics, sound, and video.”  Pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah  kombinasi diantara beberapa media.
Secara umum model ASSURE dirancang untuk membantu para guru merencanakan mata pelajaran yang secara efektif memadukan penggunaan teknologi dan media di ruang kelas (Smaldino, Lowther, & Russell, 2011: 111). Menurut Smaldino, Lowther, & Russell (2011: 110).
Pembelajaran multimedia memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan masing-masing, keterbatasan tersebut dapat diminimalisir melalui dengan kelebihihan yang dimiliki.
Adanya multimedia diharapkan membantu dalam penyampaian materi yang dilaksanakan oleh guru dengan memberikan efisiensi waktu dan efektivitas dalam pemahaman materi oleh peserta didik karena disertai dengan teknologi-teknologi baru yang dapat memperjelas materi yang disampaikan oleh guru ekonomi.
B       RUMUSAN MASALAH
1        Bagaimana pengembangan model ASSURE multimedia untuk pembelajaran ilmu ekonomi?.
2        Bagaimana langkah-langkah penggunaan multimedia yang telah dikembangkan dengan model ASSURE  untuk pembelajaran ilmu ekonomi.
C      TUJUAN MASALAH
1        Untuk mengatahui pengembangan model  ASSURE  multimedia untuk pembelajaran ilmu ekonomi.
2        Untuk mengetahui langkah-langkah pengunaan multimedia yang telah dikembengan dengan model ASSURE  untuk pembelajaran ilmu ekonomi
BAB II
PEMBAHASAN
A      Pengembangan Model  ASSURE  Multimedia Untuk Pembelajaran Ilmu Ekonomi.
Secara umum model ASSURE dirancang untuk membantu para guru merencanakan mata pelajaran yang secara efektif memadukan penggunaan teknologi dan media di ruang kelas (Smaldino, Lowther, & Russell, 2011: 111).
Model desain pembelajaran ASSURE merupakan singkatan dari komponen atau langkah penting yang ada di dalamnya, isi atau penjabaran tentang kepanjangan ASSURE menurut Smaldino, Russell, Heinich, & Molenda (2005: 52) adalah sebagai berikut:
1.      Analyze Learners characteristic (menganalisis karakteristik pembelajar)
Anitah (2009: 210) menyatakan bahwa langkah yang pertama adalah mengidentifikasi karakteristik pembelajar. Karakteristik peserta didik merupakan hal penting yang perlu diketahui secara mendalam oleh pengajar. Dengan mengetahui karakteristik pebelajar, pengajar akan lebih mudah menentukan langkah selanjutnya yang tepat untuk diterapkan.
Smaldino, dkk. (2005: 49) mengatakan bahwa media dan teknologi dikatakan efektif bila ada kesesuaian antara karakteristik pembelajar dengan metode, media, dan materi pembelajaran.
Tujuan utamanya agar dalam pembelajaran guru dapat memenuhi kebutuhan siswa sehingga dapat mencapai tingkat belajar yang maksimum. Pada tahap ini dilakukan dengan menganalisis karakteristik para siswa yang mempengaruhi kemampuan belajarnya. Hasil analisisnya akan digunakan para pendidik secara stategis merencanakan pelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik siswa.
Faktor dalam menganalisis pembelajar menurut Smaldino, Lowther, & Russell (2011: 112) adalah :
a.      Karakteristik Umum (General Characteristics).
Menurut Smaldino, Lowther, & Russell (2011: 112) karakteristik ini berkisar dari variabel-variabel yang konstan, seperti gender, dan kesukuan, hingga variabel yang selalu berubah-ubah seperti sikap dan ketertarikan.
Analisis awal mengenai karakteristik umum pembelajar lebih mungkin dilakukan dengan melihat catatan akademik para siswa. Setelah mengetahui latar belakang dari peninjauan catatan akademik para pendidik akan memadukannya dengan pengamatan atas sikap dan ketertarikan para siswa untuk merancang dan menerapkan mata pelajaran tertentu yang sesuai dengan kebutuhan unik tiap siswa (Smaldino, Lowther, & Russell, 2011: 113).
Implementasi karakteristisk umum dalam model ASSURE, dalam pembelajaran Ekonomi di SMAN 1 Rembang kelas XI IPS 2, didapat karakteristik siswa sebagai berikut:
Aspek
Karakteristik Umum Siswa
Hasilnya
Aspek fisik
Kondisi fisik 28 siswa dinyatakan baik dengan struktur fisiknya sebagai berikut tinggi rata-rata 160 cm, berat rata-rata 50 kg, serta proporsinya bertubuh sedang dan cukup tinggi. secara umum siswa yang bermata minus hanya 2 orang dari 28 siswa, 2 orang buta warna spatial.
Aspek moral
Secara umum siswa menunjukan perilaku yang baik, mampu berkomunikasi dengan temannya, menaati peraturan dan menjunjung moral, mampu bekerja sama dan bertanggungjawab serta beretika dan bisa memposisikan kedudukannya di sekolah.
Aspek spiritual
26 siswa beragama Islam dan 2 siswa memiliki kepercayaan agama Kristen.
Aspek sosial
Kondisi yang terjadi didalam kelas  siswa mampu berkomunikasi/berinteraksi dengan baik antar siswa lainnya, tidak ada diskriminasi, tidak ada bullying, Tingginya kerjasama dan tanggungjawab antar siswa/ dengan gurunya.
Aspek kultural
Secara umum siswa menunjukan sikap saling menghargai dan menghormati antar siswa, menjunjung rasa empati dan simpati sehingga tercipta sifat saling tolong-menolong, saling peduli, dan mampu bekerjasama untuk menyelesaikan masalahnya
Aspek emosional
Kondisi secara umum siswanya memiliki rasa senang untuk belajar dan memahami materi, namun apabila pelajaran terlalu kurang menyenangkan siswa akan mudah bosan, main sendiri, kurang berkonsentrasi saat pembelajaran.
Aspek intelektual
Siswa mampu untuk memahami, menjelaskan kembali dan berfikir aktif yang memudahkan ia belajar.
ANGKET SISWAMENGENAI KEBIASAAN BELAJAR
SMAN 1 Rembang
Tahun pelajaran 2018
NAMA :…………………………………..
KELAS :……………………………………
PETUNJUK :
Mohon dijawab sesuai dengan situasi yang sebenarnya dengan member tanda (√) pada kolom jawaban yang telah tersedia.
Keterangan :
PS : Paling Setuju
S : Setuju
KS : Kurang Setuju
TS : Tidak Setuju
STS : Sangat Tidak Setuju
Pernyataan
PS
S
KS
TS
STS
Saya harus membaca suatu bagian bahan pelajaran berulang kali untuk mengerti isinya
Saya lebih banyak mencatat dari pada mendengarkan waktu guru menerangkan
Saya cenderung melamun waktu saya sedang belajar di kelas
Saya berusaha menjawab soal dengan sebaik-baiknya dan meminta bantuan ketika tidak bisa
Saya hanya dapat belajar apabila terdapat media pembelajaran yang menyenangkan
Apabil soal-soal sulit atau tuga sulit, saya berusaha memecahkan masalah sendiri tanpa bantuan orang lain
Ketika bapak/ibu guru member kesempatan bertanya maka kesempatan itu saya gunakan

ANGKET BIODATA SISWA
SMAN 1 Rembang
Tahun Pelajaran 2018
No
ASPEK
ISIAN
1.
Nama Lengkap
:
2.
Nama Panggilan
:
3.
Alamat Lengkap
:
4.
Tempat, Tanggal Lahir
:
5.
Agama
:
6.
Cita-cita
:
7.
Golongan Darah
:
8.
Kegiatan yang disukai
:
9.
Olahraga yang disukai
:
10.
Hobby
:
11.
Keahlian yang dimiliki
:
12.
Kelebihan yang dimiliki
:
13.
Kekurangan yang dimiliki
:
14.
Tokoh Idola
:
15.
Motto Hidup
:
16.
No HP/Telp.
:
17.
E-Mail/Media Sosial
:
Rembang, ...../............................../2018
SISWA
(......................................................)
NIS
b.      Specific entry competenciens (Kompetensi Dasar Spesifik )
Smaldino, et al. (2005: 50) menyatakan “when you begin to play any lesson, your frist assumptions are that the learners lack the knowledge or skills….” Pendidik harus mengetahui materi apa yang akan disampaikan pada saat proses pembelajaran.
Dalam mengetahui kecakapan dasar spesifik peserta didik, terdapat dua sarana yaitu sarana informal seperti mengajukan pertanyaan ketika didalam kelas maupun sarana yang lebih formal seperti meninjau hasil ujian atau memberikan ujian.Pengadaan ujian tersebut bertujuan untuk menguji apakah peserta didik memiliki prasyarat yang diperlukan, atau kompetensi, untuk mengambil manfaat dari pembelajaran.
Implementasi kompetensi dasar spesifik dalam Pembelajaran Ekonomi  :
Materi Uang dan Bank di SMAN 1 Rembang kelas XI IPS 2 hasil dari identaifikasi Bu Madhica sebagai guru mapel ekonomi memberikan Pretest tentang uang dan bank, Pretest dilakukan pada awal pembelajaran, dengan alokasi waktu 20 menit.  Soal pada prestest yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 1 essay. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kesiapan peserta didik terkait materi tersebut sehingga guru dapat mempersiapkan bahan ajaran yang perlu ditekankan dalam pembelajaran.
PRETEST SMAN 1 REMBANG
Mata pelajaran Ekonomi Kelas XI
Tahun pelajaran 2018/2019
UANG DAN BANK
No
Soal
No
Soal
1.
Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat berbentuk……
a. Bilyet giro
b. Kredit
c. Cek
d. Deposito
e. Saldo
6.
Pada masyarakat sederhana, pemenuhan kebutuhan dilakukan dengan sistem …
a. barter
b. uang
c. barang
d. logam
e. kertas
2.
Bank sentral dinamakan juga dengan bank…
a. syariah
b. sirkulasi
c. sekunder
d. Umun
e. perkreditan rakya
7.
Salah satu syarat dalam sistem barter, yaitu …
a. kebutuhan yang sama
b. kesamaan pendapatan
c. rasa saling membutuhkan pada barang yang ditukarkan
d. rasa ketergantungan
e. rasa saling membutuhkan
3.
Tujuan dan tugas Bank Indonesia diatur dalam UU Nomor …
a. 23 tahun 2002
b. 22 tahun 1994
c. 22 tahun 2002
d. 23 tahun 2003
e. 23 tahun 2004
8.
Berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya, uang dapat dibagi menjadi …
a. uang bernilai penuh dan tidak bernilai
b. uang rupiah dan uang dollar
c. uang intern dan uang ekstern
d. uang kartal dan uang giral
e. uang domestik dan uang luar negeri
4.
 Bank konvesional berdasarkan jenisnya terdiri dari …
a. Bank Indonesia dan Bank Syariah
b. Bank Umum Konvesional  dan BPR (Bank Perkreditan Rakyat)
c. Bank Umum Konvesional dan Bank Syariah
d. Bank Syariah dan BPR (Bank Perkreditan Rakyat)
9.
Motif menyimpan uang untuk kegiatan berjaga-jaga disebut …
a. transaction motive
b. precautionary motive
c. speculative motive
d. stationary motive
e. ekstern money
5.
Tugas Pokok Bank Indonesia tertuang dalam Undang-Undang Nomor...
a. 13 tahun 1968
b. 16 tahun 1968
c. 11 tahun 1968
d. 13 tahun 1988
e. 17 tahun 1968
10.
Teori permintaan yang dikenal dengan prefensi likuidasi atau hasrat menahan uang tunai dikemukakan oleh …
a. Adam Smith
b. David Ricardo
c. John. M. Keynes
d. Karl Max
e. Irving Fisher
Soal Essay :
1.      Mengapa Bank mencetak uang logam yang nilai intrisiknya lebih mahal dari uang kertas? Jelaskan dengan tepat.
c.       Learning Style (Gaya Belajar)
Smaldino, et. al (2005: 50) menyatakan bahwa “Learning style refers to a cluster of psychological traits that determine how an individual perceives, interacts with and responds emotionally to learning environment”.
Berdasarkan pernyataan tersebut Learning styles atau gaya belajar mengarah pada sifat psikologis menentukan bagaimana seseorang dapat merasakan, dapat berinteraksi dan merespon secara emosional terhadap lingkungan belajar.
Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan individu dan para pemelajar dalam proses belajar di sekolah, dalam hal ini guru menyadari adanya kelemahan dan kelebihan dari siswa.
Implementasi gaya belajar pada pembelajaran ekonomi di SMAN 1 Rembang kelas XI IPS 2 yang diampu oleh Bu Madhica setelah melakukan pretest pada awal pembelajaran, hasil dari pretset tersebut guru dapat megetahui bagaimana gaya belajar sisiwa, apabila guru mengetahui maka dalam proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik.
                                     DATA                                               
GAYA BELAJAR
HASIL
Secara umum karakter siswa pada kelas XI IPS 2 adalah siswa yang aktif dan memiliki semangat untuk belajar, namun masih ada keterbatasan  seperti adanya rasa bosan ketika tidak adanya variasi pembelajaran
Berdasarkan dari hasil analisi oleh bu madhica selaku guru maple ekonomi dan hasil pretest didapatkan bahwa, gaya belajar yang dapat lebih ditekankan pada pembelajaran ekonomi materi uang dan bank yaitu dengan gaya belajar Visual dan Audio visual, karena dengan menggunakan media gambar dan video dalam proses pembelajaran, siswa lebih semangat untuk belajar
Hasilnya dari gaya belajar visual dan audio visual adalah
a.    Siswa mampu mendeskripsikan tentang pengertian uang dan perbankan.
b.    Siswa dapat menjelaskan tentang jenis-jenis dan teori uang dan bank
c.    Materi yang disampaikan akan lebih bervariasi, berwarna, beragam, dan menyenangkan untuk dipahami, dipelajari, serta didukung dengan penjelasan secara singkat jelas terhadap materi yang belum dikuasai siswa.
Seacara umum kompetensi yang dicapai siswa tergolong sedang.
2.      State Objectives
Smaldino (2005: 154) said that before stating spacifing objectives, you may wish to explore how to use multimedia in support student learning. Sebelum menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, diperlukan penjelajahan penggunaan mutimedia untuk mendukung belajar siswa. Tujuan ini mungkin dijabarkan dalam silabus, buku teks, kurikulum, atau dikembangkan sendiri oleh guru. Suatu pernyataan tujuan, bukan apa yang harus dicapai oleh pembelajar dengan pembelajaran itu.
Implementasinya state objectives dalam pembelajaran ekonomi SMAN 1 Rembang kelas XI IPS 2 yaitu sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar guru menentukan kompetensi dan tujuan yang akan dicapai, contohnya seperti berikut:


SILABUS
Nama Sekolah
: SMA N 1 Rembang
Mata Pelajaran
: Ekonomi
Kelas / Program
: X
Semester
: 2
Standar Kompetensi
:  1. Memahami uang dan perbankan
Alokasi
: 8 x 45 menit
Materi
Alokasi
Sumber/
Kompetensi Dasar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Bahan/
Pembelajaran
(menit)
Alat
1.1 Menjelaskan konsep
Permintaan dan
·
Mendeskripsikan
§
Mendeskripsikan
Jenis
2x 45
penawaran uang
pengertian dan
pengertian
Tagihan:
menit
permintaan dan
§
Pengertian
faktor-faktor yang
permintaan dan
ulangan,
penawaran uang
Permintaan dan
Mempengaruhi
penawaran uang
laporan kerja
Penawaran
permintaan dan
§
Mengidentifikasi
praktik,
Uang
penawaran uang
faktor-faktor yang
Tugas
§
Faktor-faktor
melalui kajian
mempengaruhi
Individu,
Yang
Referensi
permintaan dan
Tugas
mempengaruhi
penawaran uang
Kelompok
permintaan dan
Bentuk
penawaran uang
Tagihan;
Pilihan
1.2 Membedakan peran
Bank
ganda, uraian
bank umum dan bank
obyektif, Tes
§
Pengertian
·
Mendiskusikan jenis,
·
Menguraikan
4x 45
Bank
fungsi, serta cara
fungsi bank
menit
uraian bebas,
§
Peran bank
Memanfaatkan
sentral, bank
portofolio.
umum dan bank
produk bank dan
umum, bank


Materi
Tujuan Pembelajaran
Uang dan perbankan:
1        Pengertian uang dan perbankan
2        Jenis-jenis uang dan perbankan
3        Peran bank dan uang dalam kegiatan ekonomi
4        Faktor-faktor yang mepengaruhi uang dan bank
5        Memanfaatkan produk bank
Siswa dapat :
1        Siswa dapat memahami definisi uang dan perbankan
2        Siswa mengerti macam-macam uang dan perbankan
3        Siswa mengerti Peran bank dan uang dalam kegiatan ekonomi
4        Siswa memahami Faktor-faktor yang mepengaruhi uang dan bank
5        Siswa dapat mengimplementasikan manfaat dari produk bank
3.      Select Methods, Media, and Materials
Smaldino (2005: 154) said that use the information on multimedia discussed as the bassis for selecting, modifying, or designing the materials. Untuk memilih, mendesain, atau memodifikasi materi, diperlukan informasi tentang penggunaan multimedia yang akan diterapkan.
a.        Metode Pembelajaran
Metode merupakan cara seorang guru untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran agar dapat tersampaikan dengan baik dan hasilnya siswa akan memahami sebuah materi dengan baik.
Menurut Smaldino, Lowther, & Russell (2011: 124 ) menyatakan bahwa strategi pengajaran dalam mata pelajaran dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis yakni sebagai berikut:
1)        Strategi yang berpusat pada guru
Misalnya guru menjelaskan materi uang dan perbankan dengan menyajikan sebuah konsep  yang menampilkan sebuah video atau membaca sebuah berita terkini atau permasalahan
2)        Strategi yang berpusat pada siswa
melibatkan siswa untuk belajar aktif, misalnya membahas kelebihan dan kekurangan sebuah materi, mencari dan melaksanakan dengan mecari di sumber di internet/ buku peganggan, mengambil foto digital, dll.
Implentasi Metode pembelajaran ekonomi kelas XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan perbankan Bu Madhica sebagai guru ekonomi menggunakan metode visual dan audio visual , yaitu dengan penggunakan metode visual dan audio visual akan membuat siswa menjadi lebih  aktif , interaktif, semangat untuk belajar, konsentrasi meningkat, memunculkan pembelajaran yang menyenangkan. Siswa  kelas XI IPS 2 tertarik dengan gambar dan animasi video karena membuat siswa mudah mengingat materi pembelajaran melalui gambar dan animasi video yang disampaikan oleh pendidik.
b.      Teknologi dan Media
Dengan adanya peran teknologi dan media akan mempermudah dan memperlancar proses pembelajaran dalam penyampaian materi. Implementasi Teknologi dan media dalam Pembelajaran ekonomi kelas XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan Perbankan, Bu Madhica sebagai guru ekonomi dengan menggunakan metode visual dan audio visual, maka media yang digunakan berupa madding yang berisikan poster, kurva, potongan gambar, mind map sebagai media visual.  Berita TV dan gambar bersuara sebagai media audio visual yang dimanfaatkan untuk meningkatkan minat siswa untuk materi pelajaran.
c.       Materi
Implementasi materi dalam Pembelajaran ekonomi kelas XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan perbankan, Bu Madhica menyampaikan materi dengan media berupa mading (visual) dan pemutaran berita/film (audiovisual). Materi yang telah tersusun di keterangan mading berupa gambar uang, gambar lembaga perbankan, kurva permintaan dan penawaran uang, mind map sejarah adanya uang. Untuk audio visual guru menunjukkan peutaran dari sejarah, latar belakang perbankan di dunia. Misalnya negara Amerika yang pertama kali memiliki FED sebagai pelopor bank sentral di dunia. Selain itu, guru dapat memberikan materi yang video masalah keuangan yang dihadapi Indonesia.
4.    Utilize Media and Materials (memanfaatkan media dan materi)
Untuk mengaplikasikan media dan materi, perlu melakukan:
a.             Preview materi
Seorang guru tidak pernah menggunakan materi tanpa pertama melakukan review awal. Selama proses pemilihan, harus menentukan apakah materi itu sesuai untuk pembelajar dan tujuan yang telah ditetapkan.
Implementasi Preview materi dalam Pembelajaran ekonomi kelas XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan Perbankan, Bu Madhica meninjau materi yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, tentang Uang dan Perbankan.
b.      Menyiapkan teknologi, media, dan materi
langkah selanjutnya menyiapkan teknologi, media, dan materi yang akan mendukung kegiatan pembelajaran. Pendidik harus menyiapkan : seluruh perlengkapan yang dibutuhkan, urutan materi dan isi materi ajar.
Implementasi Menyiapkan teknologi, media, dan materi dalam pembelajaran ekonomi kelas XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan Perbankan, Bu Madhica menyiapkan materi bahan ajar yang akan digunakan yaitu tentang bentuk-bentuk uang dan menyiapkan media yang sesuai dengan metode visual dan audio visual salah satunya dengan penggunaan madding dan pemutaran video.
c.       Menyiapkan lingkungan
Pengaturan ruang kelas, laboratorium, pusat media, sarana dan prasarana penunjang pembelajaran yang baik akan membuat pengunaan teknologi, media dan meteri berjalan efektif dan efisien dalam proses pembelajaran berlangsung.
Implementasi Menyiapkan lingkungan dalam pembelajaran ekonomi kelas XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu perdagangan internasional, Bu Madhica mengkondisikan suasan kelas agar kondusif dan interaktif untuk proses belajar serta membuat jadwal piket siswa agar kelas bersih danpembelajaran menjadi nyaman.
d.      Menyiapkan pebelajar
Belajar dari suatu kegiatan tergantung pada bagaimana pebelajar disiapkan untuk kegiatan pembelajaran. Beberapa fungsi seperti, mengarahkan perhatian, meningkatkan motivasi, menjelaskan rasional mempelajari suatu materi, merupakan kegiatan untuk menyiapkan pebelajar, baik kelas yang teacher-centered maupun student-centered
Implementasi Menyiapkan pebelajar dalam pembelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan Perbankan Bu Madhica menyampaikan cerita singkat, yang didalam cerita tersebut tersirat motivasi-motivasi, seperti cerita singkat tentang pahlawan.
e.       Menyediakan pengalaman belajar
Setelah persiapan yang dilakukan guru selesai, guru akan memberikan pengalaman belajar kepada siswa.
Implementasi Menyediakan pengalaman belajar dalam pembelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan Perbankan. Bu Madhica memberikan tutorial, praktik, presentasi, cara berbicara sehingga dari pengalamannya, siswa bisa meniru dan belajar.
5.      Require Learner Participation
Smaldino (2005: 154) said that have the student do specific activities that rely on their ability to use multimedia. bahwa secara konstruktif belajar adalah proses mental aktif yang dibangun berdasarkan pengalaman autentik yang relevan dimana para siswa akan menerima umpan balik informatif, respon yang memungkinkan mereka mengetahui sejauh mana mereka telah mencapai tujuan.
a.      Latihan
Dalam pembelajaran latihan dilakukan apabila siswa telah mendapatkan materi/instruksi, ini untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai. Membangun partisipasi siswa dengan melakukan praktik langsung dengan teknologi dan kemampuan baru.
SMAN 1 Rembang
MATERI UANG DAN PERBANKAN
SOAL LATIHAN
No
Soal Latihan
1.
Jelaskan konsep permintaan dan penawaran uang?
2.
Sebutkan dan jelaskan secara singkat faktor-faktor uang?...
3.
Jelaskan secara singkat sejarah perbankan indonseia?...
4.
Deskripsikan pengertian kartu kredit?....
5.
Sebutkan pemanfaatan produk bank?...
b.   Umpan balik/tanggapan
Sebuah kegiatan guru untuk meningkatkan kinerja siswa dengan cara mengoreksi tugasnya yakni menuliskan catatan kecil untuk mengingatkan kesalahan atau kekurangannya.
6.         Evaluate and Revise
a.      Menilai prestasi pemelajar
Cara menilai pencapaian hasil belajar tergantung pada hakekat tujuan itu. Menurut Dewi Salma Prawiradilaga (2008 : 69),  penilaian hasil belajar diperlukan untuk mengukur tingkat pemahaman atau materi yang sudah diberikan oleh pendidik.   Proses dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan cara kita melihat dari hasil penilaian prestasi siswa. Penilaian prestasi siswa bertujuan agar guru mengetahui seberapa besar tujuan belajar tercapai.
No
Aspek yang dinilai
Hasil
1.
Kemampuan siswa
Hasil dari pembelajaran yakni siswa mampu menguasi materi:
a.    Pengertian, manfaat, dan faktor dari uang dan perbankan
b.    Jenis-jenis uang dan bank
c.    Fungsi bank sentral, bank umum, dan bank pemasyarakatan
d.   Persyaratan yang harus dimiliki oleh pengkredit
2.
Kegiatan pembelajaran
Berjalan baik diwujudkan  dengan siswa bersemangat dan konsentrasi dengan materi yang disampaikan, karena pembelajaran dilakukan dengan bervariasi.
3.
Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran tercapai dengan indikator siswa mampu mendeskripsikan, menyebutkan, menjelaskan, aplikasi soal-soal latihan, serta prestasi belajar siswa naik.
b.      Mengevaluasi dan merevisi strategi, teknologi, dan media
Dari pengunaan strategi, teknologi, dan media, langkah selanjutnya mengevaluasinya secara keseluruhan dan apabila terdapat kekurangan harus direvisi untuk meningkatkan kesempurnaan sebuah strategi, teknologi, dan media yang digunakan.
No
Evaluasi
1.      1
Media :
a.       Materi yang disampaikan harus jelas, singkat, dan mudah dipahami.
b.      Penggunaan multimedia kit dengan media mading ( mind map) untuk lebih mudah dalam penggunaanya bukan mempersulit siswa.
c.       Perlunya tambahan variasi dalam pembelajaran.
d.      Media pembalajaran kalau bisa disediakan oleh sekolah.
B.     Langkah-langkah Penggunaan Multimedia yang Dikembangkan dengan Model ASSURE untuk Pembelajaran Ilmu Ekonomi
Pemanfaatan multimedia dalam suatu pembelajaran sangatlah penting peranannya, Anitah (2008: 93) menyatakan bahwa dalam memanfaatkan penggunaan suatu media dalam proses pembelajaran perlu dilakukan perencanaan yang sistematik. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan ketercapaiannya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Nicholson and Nicholson (2014: 3) said that in their qualitative study, revealed student perception that multimedia course components facilitated easier completion of homework tasks because they were able to review at their own pace. Penggunaan multimedia juga meningkatkan kemampuan siswa dalam penyelesaian berbagai tugas termasuk tugas rumah. Termasuk dalam pembelajaran ekonomi dalam pemanfaatan multimedia.
Anitah (2008: 94) secara umum langkah-langkah penting dalam penggunaan media yaitu :
1.    Persiapan sebelum menggunakan media
Sebelum memulai kegiatan pembelajaran, guru harus menyiapkan media-media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Guru harus mengetahui cara menggunakan media yang akan digunakan dan media-media yang digunakan guru ekonomi dalam pencapaian kompetensi yang telah ditentukan.
Multimedia yang akan digunakan dalam pembelajarn ekonomi dalam makalah ini adalah berupa Power Point, LCD, Video Pembelajaran yang akan menampilkan materi Uang dan perbankan. Guru dituntut untuk mahir dalam pegoperasian multimedia tersebut. Hasilnya nanti siswa akan menyelesaikan tugas kelompok.
2.    Pelaksanaan penggunaan media
Setelah tahapan persiapan berbagai media, langkah selnajutnya dalam penggunaan multimedia dalam pembelajaran ekonomi adalah pelaksanaan atau penggunaan dari media-media tersebut. Pada saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media-media pembelajaran, guru harus menjaga suasana kelas agar tetap kondusif.
Misalnya dalam Penggunaan proyektor guru memerlukan kegelapan ruang, tetap usahakan pebelajar masih dapat menulis catatan-catatan yang diperlukan. Misalnya guru masih perlu menambah penjelasan dengan menulis dipapan tulis, usahakan pembelajar tidak terhalang oleh posisi berdiri guru ketika menampilkan slide Power Point mengenai materi Uang dan perbankan dan kemudian menampilkan video/ berita agar siswa tidak merasa bosan.  
3.    Evaluasi
Tahapan ini menjelaskan tentang apakah kompetensi yang telah ditetapkan dalam awal pembelajaran telah tercapai atau belum selama pembelajaran berlangsung menggunakan berbagai media. Selain itu, tahap evaluasi juga dilakukan untuk memantapkan materi dari penyampaian media yang telah dilakukan dalam pembelajan.
Misalnya untuk memantapkan pemahaman materi uang dan perbankan yang disampaikan melalui multimedia power point dan video. Tes perlu diadakan sebagai umpan balik apakah tujuan pembelajaran materi Uang dan perbankan sudah tercapai atau belum, yaitu siswa mengerjakan soal pilihan ganda dan essya yang isinya mengenai pengertian, jenis-jenis, bentuk dari uang dan perbankan.
Tes tersebut digunakan guru untuk mengetahui seberapa besar pemahaman,pengetahuan siswa, tujuan pembelajaran dan kompetensi yang dicapai siswa. Sehingga guru dapat menentukan keputusan apakah mengulang kembali lagi materi yang diajarkan atau tidak.
4.    Tindak lanjut
Merupakan tahapan akhir dalam penggunaan multimedia dalam pembelajaran ekonomi. Pada tahap ini guru akan mendapatkan feedback dari siswanya, dan dapat menyimpulkan apakah siswa telah memhami materi secara total atau belum.
Guru dapat meminta siswa untuk memperdalam materi dengan cara kerja kelompok mengenai materi uang dan perbankan yang telah disampaikan, siswa dapat memanfaatkan multimedia dari power point dan video pembelajaran yang disampaikan guru sebelumnya, ataupun dengan memanfaatkan media dari internet, jurnal, maupun buku pembelajaran yang menunjang. Hasil kerja tadi akan ditampilkan siswa dalam media madding berupa visual.
Implementasi langkah dengan menggunakan model ASSURE
a.    Analyze Learners
Bu Madhica merupakan guru ekonomi di SMAN 1 Rembang, yang akan menerangkan materi pembelajaran tentang uang dan perbankan.
a.       Sebelum menggunakan multimedia Bu Madhica menganalisis keefektifan penggunaan Power Point dan Video dalam pembelajaran yang akan dilakukan
b.      Kemudian berfikir apakah power point dan video yang akan digunaknnya tersebut dapat diterima siswa dengan baik atau tidak
c.       Dengan penggunaan media power point dan video dapatkah membuat siswa mampu memahami pelajaran atau tidak
b.   State Objectives
Adanya penggunaan Multimedia yaitu Power Point dan Video ditujukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif, efisien, dan optimal dengan tujuannya yaitu siswa dapat memahami materi uang dan perbankan secara menyeluruh berupa pengertian, jenis-jenis dan bentuk dari pemanfaatan uang dan bank.
c.    Select Methods, Media, and Materials
a.         Bu Madhica menggunakan metode yang berpusat pada guru yaitu dengan metode ceramah dengan materi uang dan perbankan pada penggunaan Multimedia (Power Point) dan video.
b.        Bu Madhica juga memilih metode yang berpusat pada siswa yaitu siswa diminta untuk mengamati dan menganalisis video yang ditampilkan tentang materi uang dan perbankan.
c.          setelah mengamati siswa diharapkan untuk aktif dan paham dalam memaparkan materi yang ditangkap dalam penayangan video tersebut.
d.        Utilize Media and Materials
a.         Bu Madhica menjelaskan materi uang dan perbankan dengan penggunaan power point  menjelaskan slide power point satu per satu  dari mulai pengertian, jenis-jenis, bentuk-bentuk, dan pemanfaatan uang dan bank.
b.        Setelah pemaparan materi dengan Power Point selesai, Bu Madhica mencoba membuat suasana kelas menyenangkan, lebih berkonsentrasi dam tidak mengantuk
c.         Bu madhica menayangkan video yang menunjang penyampaian materi uang dan perbankan.
e.    Require Learner Participation
a.         Setelah penayangan multimedia berupa Power Point dan Video
b.         Bu Madhica bertanya kepada siswa apakah siswa sudah memahami materi uang dan perbankan yang ditampilkan tadi.
c.         Kemudian siswa menanggapi dengan menanyakan jenis-jenis uang dan perbankan luar negri itu apa saja.
d.        Selanjutnya Bu Madhica mencoba menjawab apa yang ditanyakan siswa dengan penuh perhatian. Siswa diharapkan untuk aktif dalam mengikuti pelajaran dengan menanyakan apa yang mereka belum pahami.
e.         Pada saat setelah video telah ditayangkan, Bu Madhica meminta siswa untuk menyebutkan apa yang mereka dapat dari video itu.
f.     Evaluate and Revise
a.         Bu Madhica  mengevaluasi pembelajaran, dengan memberikan soal-soal materi uang dan perbankan yang berisi 10 pilihan ganda dan 1 essya dengan waktu 15 menit.
b.        Bu Madhica juga membentuk kelompok dan membuat tugas kelompok untuk membuat maping map tentang jenis-jenis bank umum. dan bank pemasyarakatan.
BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Multimedia menurut Hofstetter 2001 dalam Ariani dan Haryanto (2010 : 11) adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan alat yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.Macam-macam multimedia ada 5, yaitu Multimedia Kits, Hypermedia, Interactive Media, Virtual Reality, Expert Systems.
Multimedia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga tidak semua multimedia dapat digunakan dengan sesuai untuk pembelajaran Ekonomi atau Pemasaran. Setelah dilakukan kajian secara mendalam, ditemukanlah salah satu jenis multimedia yang sesuai dengan pembelajaran Ekonomi, yaitu multimedia kits. Multimedia kit memadukan berbagai media yang mampu mengintegrasikan panca indera yang dimiliki manusia, sehingga memungkinkan siswa mengikuti pembelajaran secara antusias.
Pengembangan dengan model ASSURE  multimedia untuk pembelajaran ilmu ekonomi ada Analyze Learners; State Objectives; Select Methods, Media, and Materials; Utilize Media and Materials; Require Learner Participation; dan Evaluate and Revise
Langkah-langkah yang digunakan multimedia dalam model ASSURE menurut Anitah (2008 : 94) yaitu Persiapan sebelum menggunakan multimedia, Pelaksanaan penggunaan multimedia, Evaluasi dan Tindak


DAFTAR PUSTAKA
Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka – Learning
Resource Center FKIP UNS.
Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka – Learning
Resource Center FKIP UNS.
Ariani, N, dan Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.
Scales, B., Nicol, E., & Johnson, C. (2014). Redesigning Comprehensive Library Tutorials: Theoritical Considerations for Multimedia Enhancement and Student Learning. Reference and User Services Quarterly. Vol. 54. 33.
Smaldino, S. E., Russel, J. D., Heinich, R., & Molenda, M. (2005). Instructional
Technology and Media for Learning. Columbus. OH: Pearson Education. Inc.
Smaldino, S. E., Russel, J. D., Heinich, R., & Molenda, M. (2011). Teknologi
Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MASA DEPAN EKONOMI ISLAM

MASA DEPAN EKONOMI ISLAM Masalah ekonomi zaman sekarang dan ketidakmampuan ekonomi neoklasik untuk menganalisisnya dan menyaranka...