MAKALAH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN:
MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN EKONOMI
Dosen Pembimbing
:
Prof. Dr. H.
Soetarno Joyoatmojo, M.pd

Disusun
Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran
Disusun
Oleh :
1.
Nur Faidah (K7617059)
PENDIDIKAN
EKONOMI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
2018
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucap puji dan syukur atas berkat rahmat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan makalah yang Multimedia
Untuk Pembelajaran Ilmu Ekonomi, makalah ini mencangkup pengembangan dengan
model ASSURE multimedia untuk
pembelajaran ilmu ekonomi dan langkah-langkah penggunaan multimedia yang telah
dikembangkan dengan model ASSURE
untuk pembelajaran Ekonomi dengan tepat waktu.
Sebagai tugas dalam memenuhi tugas mata kuliah
Teknologi Pembelajaran, penulis mengucapkan terimakasih pada pihak-pihak yang
telah memberikan pengarahan, bimbingan serta dukungan dalam penyusunan makalah
ini, yaitu:
1.
Allah
SWT yang telah memberikan petunjuk dan berbagai kemudahan dalam menyelesaikan
makalah ini.
2.
Prof.
Dr. H. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah Teknologi
Pembelajaran sebagai pembimbing kelompok kami.
3.
Teman-teman yang selalu memberikan semangat dan dukungan
pada kami.
Penulis menyadari akan segala kekurangan dalam
penyusunan makalah ini, oleh karena
itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan sehingga menjadikan
perbaikan dan dorongan untuk menjadi lebih baik. Semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi pembaca dan dapat menambah wawasan.
Surakarta, 18 Mei 2018
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………………………………..i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ……ii
KATA PENGANTAR ISI……………………………………………………….iii
BAB I PENDAHULUAN
A Latar Belakang…………………………………………………………….1
B Rumusan Masalah…………………………………………………………2
C Tujuan
Masalah……………………………………………………………2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengembangan Model ASSURE Multimedia Untuk Pembelajaran
Ilmu Ekonomi……………………………………………………………3
B. Langkah-Langkah Pengunaan Multimedia
Yang Telah dikembangkan
dengan Model ASSURE untuk Pembelajaran Ilmu Ekonomi………….21
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………………………………………….28
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………29
BAB
I
PENDAHULUAN
A
LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun
belakang ini berkembang dengan cepat sehingga dengan perkembangannya mampu
mengubah berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Di era global sekarang ini
pendidikan secara dinamis mengikuti perkembangan IPTEK dengan penggunaan
multimedia yang menunjang proses pembelajaran terjadi secara lebih
efisien.
Menurut Russell, Heinich, dan Mollenda (2005 : 141)
mengatakan bahwa “Multimedia systems may consist of traditional media in
combination or they may in corporate in the computer as a display device for
text, pictures, graphics, sound, and video.”
Pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah kombinasi diantara beberapa media.
Secara umum model ASSURE dirancang untuk membantu para guru merencanakan mata
pelajaran yang secara efektif memadukan penggunaan teknologi dan media di ruang
kelas (Smaldino, Lowther, & Russell, 2011: 111). Menurut Smaldino, Lowther,
& Russell (2011: 110).
Pembelajaran multimedia memiliki beberapa kekurangan
dan kelebihan masing-masing, keterbatasan tersebut dapat diminimalisir melalui
dengan kelebihihan yang dimiliki.
Adanya multimedia diharapkan membantu dalam
penyampaian materi yang dilaksanakan oleh guru dengan memberikan efisiensi
waktu dan efektivitas dalam pemahaman materi oleh peserta didik karena disertai
dengan teknologi-teknologi baru yang dapat memperjelas materi yang disampaikan
oleh guru ekonomi.
B
RUMUSAN MASALAH
1
Bagaimana
pengembangan model ASSURE multimedia
untuk pembelajaran ilmu ekonomi?.
2
Bagaimana
langkah-langkah penggunaan multimedia yang telah dikembangkan dengan model ASSURE untuk pembelajaran ilmu ekonomi.
C
TUJUAN MASALAH
1
Untuk
mengatahui pengembangan model ASSURE multimedia untuk pembelajaran ilmu ekonomi.
2
Untuk
mengetahui langkah-langkah pengunaan multimedia yang telah dikembengan dengan
model ASSURE untuk pembelajaran ilmu ekonomi
BAB
II
PEMBAHASAN
A
Pengembangan Model ASSURE Multimedia Untuk Pembelajaran Ilmu
Ekonomi.
Secara umum model ASSURE
dirancang untuk membantu para guru merencanakan mata pelajaran yang secara
efektif memadukan penggunaan teknologi dan media di ruang kelas (Smaldino,
Lowther, & Russell, 2011: 111).
Model desain pembelajaran ASSURE merupakan singkatan dari komponen atau
langkah penting yang ada di dalamnya, isi atau penjabaran tentang kepanjangan
ASSURE menurut Smaldino, Russell, Heinich, & Molenda (2005: 52) adalah
sebagai berikut:
1.
Analyze Learners characteristic (menganalisis karakteristik
pembelajar)
Anitah (2009: 210) menyatakan bahwa
langkah yang pertama adalah mengidentifikasi karakteristik pembelajar.
Karakteristik peserta didik merupakan hal penting yang perlu diketahui secara
mendalam oleh pengajar. Dengan mengetahui karakteristik pebelajar, pengajar
akan lebih mudah menentukan langkah selanjutnya yang tepat untuk diterapkan.
Smaldino, dkk. (2005: 49) mengatakan
bahwa media dan teknologi dikatakan efektif bila ada kesesuaian antara
karakteristik pembelajar dengan metode, media, dan materi pembelajaran.
Tujuan utamanya agar dalam
pembelajaran guru dapat memenuhi kebutuhan siswa sehingga dapat mencapai
tingkat belajar yang maksimum. Pada tahap ini dilakukan dengan menganalisis
karakteristik para siswa yang mempengaruhi kemampuan belajarnya. Hasil
analisisnya akan digunakan para pendidik secara stategis merencanakan pelajaran
yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik siswa.
Faktor dalam menganalisis pembelajar
menurut Smaldino, Lowther, & Russell (2011: 112) adalah :
a.
Karakteristik Umum (General Characteristics).
Menurut Smaldino, Lowther, &
Russell (2011: 112) karakteristik ini berkisar dari variabel-variabel yang
konstan, seperti gender, dan kesukuan, hingga variabel yang selalu berubah-ubah
seperti sikap dan ketertarikan.
Analisis awal mengenai karakteristik
umum pembelajar lebih mungkin dilakukan dengan melihat catatan akademik para
siswa. Setelah mengetahui latar belakang dari peninjauan catatan akademik para
pendidik akan memadukannya dengan pengamatan atas sikap dan ketertarikan para
siswa untuk merancang dan menerapkan mata pelajaran tertentu yang sesuai dengan
kebutuhan unik tiap siswa (Smaldino, Lowther, & Russell, 2011: 113).
Implementasi karakteristisk umum
dalam model ASSURE, dalam
pembelajaran Ekonomi di SMAN 1 Rembang kelas XI IPS 2, didapat karakteristik
siswa sebagai berikut:
Aspek
Karakteristik
Umum Siswa
|
Hasilnya
|
Aspek fisik
|
Kondisi fisik 28 siswa dinyatakan baik dengan struktur fisiknya
sebagai berikut tinggi rata-rata 160 cm, berat rata-rata 50 kg, serta proporsinya bertubuh
sedang dan cukup tinggi. secara umum siswa yang bermata minus hanya 2 orang dari 28 siswa, 2 orang buta warna spatial.
|
Aspek moral
|
Secara umum siswa menunjukan
perilaku yang baik, mampu
berkomunikasi dengan temannya, menaati peraturan dan menjunjung moral, mampu
bekerja sama dan bertanggungjawab serta beretika dan bisa memposisikan
kedudukannya di sekolah.
|
Aspek spiritual
|
26 siswa beragama Islam dan 2 siswa memiliki kepercayaan agama Kristen.
|
Aspek sosial
|
Kondisi yang terjadi didalam kelas siswa mampu berkomunikasi/berinteraksi dengan baik antar siswa lainnya, tidak ada diskriminasi, tidak ada bullying, Tingginya kerjasama dan tanggungjawab
antar siswa/ dengan gurunya.
|
Aspek kultural
|
Secara umum siswa menunjukan
sikap saling menghargai dan menghormati antar siswa, menjunjung rasa empati dan simpati sehingga tercipta
sifat saling tolong-menolong, saling peduli, dan mampu bekerjasama untuk menyelesaikan masalahnya
|
Aspek emosional
|
Kondisi secara umum siswanya memiliki rasa senang untuk belajar dan memahami materi, namun apabila pelajaran terlalu kurang menyenangkan siswa akan mudah bosan, main sendiri, kurang berkonsentrasi saat pembelajaran.
|
Aspek intelektual
|
Siswa mampu untuk memahami, menjelaskan kembali dan berfikir aktif yang memudahkan ia belajar.
|
ANGKET SISWAMENGENAI KEBIASAAN
BELAJAR
SMAN 1 Rembang
Tahun pelajaran 2018
NAMA :…………………………………..
KELAS :……………………………………
PETUNJUK :
Mohon dijawab sesuai dengan situasi yang sebenarnya dengan member tanda (√) pada kolom jawaban yang telah tersedia.
Keterangan :
PS : Paling Setuju
S : Setuju
KS : Kurang Setuju
TS : Tidak Setuju
STS : Sangat Tidak Setuju
|
ANGKET BIODATA SISWA
SMAN 1 Rembang
Tahun Pelajaran 2018
|
|||
No
|
ASPEK
|
ISIAN
|
|
1.
|
Nama Lengkap
|
:
|
|
2.
|
Nama Panggilan
|
:
|
|
3.
|
Alamat Lengkap
|
:
|
|
4.
|
Tempat, Tanggal Lahir
|
:
|
|
5.
|
Agama
|
:
|
|
6.
|
Cita-cita
|
:
|
|
7.
|
Golongan Darah
|
:
|
|
8.
|
Kegiatan yang disukai
|
:
|
|
9.
|
Olahraga yang disukai
|
:
|
|
10.
|
Hobby
|
:
|
|
11.
|
Keahlian yang dimiliki
|
:
|
|
12.
|
Kelebihan yang dimiliki
|
:
|
|
13.
|
Kekurangan yang dimiliki
|
:
|
|
14.
|
Tokoh Idola
|
:
|
|
15.
|
Motto Hidup
|
:
|
|
16.
|
No HP/Telp.
|
:
|
|
17.
|
E-Mail/Media Sosial
|
:
|
|
Rembang,
...../............................../2018
SISWA
(......................................................)
NIS
|
|||
b.
Specific entry competenciens (Kompetensi
Dasar Spesifik )
Smaldino, et al. (2005: 50) menyatakan “when you
begin to play any lesson, your frist assumptions are that the learners lack the
knowledge or skills….” Pendidik
harus mengetahui materi apa yang akan disampaikan pada saat proses
pembelajaran.
Dalam mengetahui kecakapan dasar
spesifik peserta didik, terdapat dua sarana yaitu sarana informal seperti
mengajukan pertanyaan ketika didalam kelas maupun sarana yang lebih formal
seperti meninjau hasil ujian atau memberikan ujian.Pengadaan ujian tersebut
bertujuan untuk menguji apakah peserta didik memiliki prasyarat yang diperlukan,
atau kompetensi, untuk mengambil manfaat dari pembelajaran.
Implementasi kompetensi dasar spesifik dalam Pembelajaran Ekonomi
:
Materi
Uang dan Bank di SMAN 1 Rembang kelas XI IPS 2 hasil dari identaifikasi Bu
Madhica sebagai guru mapel ekonomi memberikan Pretest tentang uang dan bank, Pretest
dilakukan pada awal pembelajaran, dengan alokasi waktu 20 menit. Soal pada prestest yang terdiri dari 10 soal
pilihan ganda dan 1 essay. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana
pengetahuan dan kesiapan peserta didik terkait materi tersebut sehingga guru
dapat mempersiapkan bahan ajaran yang perlu ditekankan dalam pembelajaran.
PRETEST SMAN 1 REMBANG
Mata pelajaran Ekonomi Kelas XI
Tahun pelajaran 2018/2019
UANG DAN BANK
|
|||
No
|
Soal
|
No
|
Soal
|
1.
|
Bank
merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat berbentuk……
a. Bilyet giro b. Kredit c. Cek d. Deposito e. Saldo |
6.
|
Pada
masyarakat sederhana, pemenuhan kebutuhan dilakukan dengan sistem …
a. barter b. uang c. barang d. logam e. kertas |
2.
|
Bank
sentral dinamakan juga dengan bank…
a. syariah b. sirkulasi c. sekunder d. Umun e. perkreditan rakya |
7.
|
Salah
satu syarat dalam sistem barter, yaitu …
a. kebutuhan yang sama b. kesamaan pendapatan c. rasa saling membutuhkan pada barang yang ditukarkan d. rasa ketergantungan e. rasa saling membutuhkan |
3.
|
Tujuan
dan tugas Bank Indonesia diatur dalam UU Nomor …
a. 23 tahun 2002 b. 22 tahun 1994 c. 22 tahun 2002 d. 23 tahun 2003 e. 23 tahun 2004 |
8.
|
Berdasarkan
lembaga yang mengeluarkannya, uang dapat dibagi menjadi …
a. uang bernilai penuh dan tidak bernilai b. uang rupiah dan uang dollar c. uang intern dan uang ekstern d. uang kartal dan uang giral e. uang domestik dan uang luar negeri |
4.
|
Bank
konvesional berdasarkan jenisnya terdiri dari …
a. Bank Indonesia dan Bank Syariah b. Bank Umum Konvesional dan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) c. Bank Umum Konvesional dan Bank Syariah d. Bank Syariah dan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) |
9.
|
Motif
menyimpan uang untuk kegiatan berjaga-jaga disebut …
a. transaction motive b. precautionary motive c. speculative motive d. stationary motive e. ekstern money |
5.
|
Tugas
Pokok Bank Indonesia tertuang dalam Undang-Undang Nomor...
a. 13 tahun 1968 b. 16 tahun 1968 c. 11 tahun 1968 d. 13 tahun 1988 e. 17 tahun 1968 |
10.
|
Teori
permintaan yang dikenal dengan prefensi likuidasi atau hasrat menahan uang
tunai dikemukakan oleh …
a. Adam Smith b. David Ricardo c. John. M. Keynes d. Karl Max e. Irving Fisher |
Soal Essay :
1. Mengapa Bank mencetak uang
logam yang nilai intrisiknya lebih mahal dari uang kertas? Jelaskan dengan
tepat.
|
c.
Learning Style (Gaya Belajar)
Smaldino, et. al (2005: 50) menyatakan bahwa “Learning style refers to a cluster of
psychological traits that determine how an individual perceives, interacts with
and responds emotionally to learning environment”.
Berdasarkan pernyataan tersebut Learning styles atau gaya belajar
mengarah pada sifat psikologis menentukan bagaimana seseorang dapat merasakan,
dapat berinteraksi dan merespon secara emosional terhadap lingkungan belajar.
Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan individu dan para pemelajar dalam
proses belajar di sekolah, dalam hal ini guru menyadari adanya kelemahan dan
kelebihan dari siswa.
Implementasi gaya belajar pada
pembelajaran ekonomi
di SMAN 1 Rembang kelas XI IPS 2 yang diampu oleh Bu Madhica setelah melakukan
pretest pada awal pembelajaran, hasil dari pretset tersebut guru dapat
megetahui bagaimana gaya belajar sisiwa, apabila guru mengetahui maka dalam
proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik.
DATA
|
GAYA
BELAJAR
|
HASIL
|
Secara umum karakter siswa pada
kelas XI IPS 2 adalah siswa yang aktif dan
memiliki semangat untuk belajar, namun masih ada keterbatasan seperti adanya rasa bosan ketika tidak adanya variasi pembelajaran
|
Berdasarkan dari hasil analisi oleh bu madhica
selaku guru maple ekonomi dan hasil pretest didapatkan bahwa, gaya belajar
yang dapat lebih ditekankan pada pembelajaran ekonomi materi uang dan bank
yaitu dengan gaya belajar Visual dan Audio visual, karena dengan menggunakan
media gambar dan video dalam proses pembelajaran, siswa lebih semangat untuk
belajar
|
Hasilnya dari gaya belajar
visual dan audio visual adalah
a. Siswa mampu
mendeskripsikan tentang pengertian uang dan perbankan.
b. Siswa dapat menjelaskan tentang jenis-jenis dan
teori uang dan bank
c. Materi yang disampaikan akan lebih bervariasi,
berwarna, beragam, dan menyenangkan untuk dipahami, dipelajari, serta
didukung dengan penjelasan secara singkat jelas terhadap materi yang belum
dikuasai siswa.
|
Seacara umum kompetensi yang dicapai siswa tergolong sedang.
|
2. State Objectives
Smaldino (2005: 154) said that before stating spacifing
objectives, you may wish to explore how to use multimedia in support student
learning. Sebelum menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai,
diperlukan penjelajahan penggunaan mutimedia untuk mendukung belajar siswa.
Tujuan ini mungkin dijabarkan dalam silabus, buku teks, kurikulum, atau
dikembangkan sendiri oleh guru. Suatu pernyataan tujuan, bukan apa yang harus
dicapai oleh pembelajar dengan pembelajaran itu.
Implementasinya state objectives
dalam pembelajaran ekonomi SMAN 1 Rembang kelas XI IPS 2 yaitu sebelum
melakukan kegiatan belajar mengajar guru menentukan kompetensi dan tujuan yang
akan dicapai, contohnya seperti berikut:
SILABUS
|
||||||||||
Nama Sekolah
|
: SMA N 1 Rembang
|
|||||||||
Mata Pelajaran
|
: Ekonomi
|
|||||||||
Kelas / Program
|
: X
|
|||||||||
Semester
|
: 2
|
|||||||||
Standar Kompetensi
|
:
1. Memahami uang dan perbankan
|
|||||||||
Alokasi
|
: 8 x 45 menit
|
|||||||||
Materi
|
Alokasi
|
Sumber/
|
||||||||
Kompetensi
Dasar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Bahan/
|
|||||
Pembelajaran
|
||||||||||
(menit)
|
Alat
|
|||||||||
1.1 Menjelaskan
konsep
|
Permintaan dan
|
·
|
Mendeskripsikan
|
§
|
Mendeskripsikan
|
Jenis
|
2x 45
|
|||
penawaran uang
|
pengertian
dan
|
pengertian
|
Tagihan:
|
menit
|
||||||
permintaan dan
|
||||||||||
§
|
Pengertian
|
faktor-faktor yang
|
permintaan dan
|
ulangan,
|
||||||
penawaran uang
|
||||||||||
Permintaan
dan
|
Mempengaruhi
|
penawaran uang
|
laporan
kerja
|
|||||||
Penawaran
|
permintaan dan
|
§
|
Mengidentifikasi
|
praktik,
|
||||||
Uang
|
penawaran uang
|
faktor-faktor yang
|
Tugas
|
|||||||
§
|
Faktor-faktor
|
melalui kajian
|
mempengaruhi
|
Individu,
|
||||||
Yang
|
Referensi
|
permintaan dan
|
Tugas
|
|||||||
mempengaruhi
|
penawaran uang
|
Kelompok
|
||||||||
permintaan dan
|
Bentuk
|
|||||||||
penawaran uang
|
||||||||||
Tagihan;
|
||||||||||
Pilihan
|
||||||||||
1.2 Membedakan peran
|
Bank
|
ganda,
uraian
|
||||||||
bank umum dan bank
|
obyektif, Tes
|
|||||||||
§
|
Pengertian
|
·
|
Mendiskusikan jenis,
|
·
|
Menguraikan
|
4x 45
|
||||
Bank
|
fungsi,
serta cara
|
fungsi
bank
|
menit
|
|||||||
uraian bebas,
|
||||||||||
§
|
Peran bank
|
Memanfaatkan
|
sentral,
bank
|
|||||||
portofolio.
|
||||||||||
umum dan bank
|
produk bank dan
|
umum, bank
|
||||||||
Materi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Uang dan perbankan:
1
Pengertian uang dan perbankan
2
Jenis-jenis uang dan perbankan
3
Peran bank dan uang dalam kegiatan ekonomi
4
Faktor-faktor yang mepengaruhi uang dan bank
5
Memanfaatkan produk bank
|
Siswa dapat :
1
Siswa dapat memahami definisi uang dan perbankan
2
Siswa mengerti macam-macam uang dan perbankan
3
Siswa mengerti Peran bank dan uang dalam
kegiatan ekonomi
4
Siswa memahami Faktor-faktor yang mepengaruhi
uang dan bank
5
Siswa dapat mengimplementasikan manfaat dari
produk bank
|
3. Select Methods, Media, and Materials
Smaldino (2005: 154) said that use the information on multimedia
discussed as the bassis for selecting, modifying, or designing the materials.
Untuk memilih, mendesain, atau memodifikasi materi, diperlukan informasi
tentang penggunaan multimedia yang akan diterapkan.
a.
Metode Pembelajaran
Metode merupakan cara seorang guru untuk menyampaikan sebuah
materi pembelajaran agar dapat tersampaikan dengan baik dan hasilnya siswa akan
memahami sebuah materi dengan baik.
Menurut Smaldino, Lowther, & Russell (2011: 124 )
menyatakan bahwa strategi pengajaran dalam mata pelajaran dapat
diklasifikasikan menjadi 2 jenis yakni sebagai berikut:
1)
Strategi
yang berpusat pada guru
Misalnya guru menjelaskan materi uang dan perbankan dengan
menyajikan sebuah konsep yang
menampilkan sebuah video atau membaca sebuah berita terkini atau permasalahan
2)
Strategi
yang berpusat pada siswa
melibatkan siswa untuk belajar aktif, misalnya membahas kelebihan dan
kekurangan sebuah materi, mencari dan melaksanakan dengan mecari di sumber di
internet/ buku peganggan, mengambil foto digital, dll.
Implentasi Metode pembelajaran ekonomi
kelas XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan
perbankan Bu Madhica sebagai guru ekonomi menggunakan metode visual dan audio
visual , yaitu dengan penggunakan metode visual dan audio visual akan membuat
siswa menjadi lebih aktif , interaktif,
semangat untuk belajar, konsentrasi meningkat, memunculkan pembelajaran yang
menyenangkan. Siswa kelas XI IPS 2
tertarik dengan gambar dan animasi video karena membuat siswa mudah mengingat
materi pembelajaran melalui gambar dan animasi video yang disampaikan oleh
pendidik.
b.
Teknologi dan Media
Dengan adanya peran teknologi dan media akan mempermudah dan memperlancar
proses pembelajaran dalam penyampaian materi. Implementasi Teknologi dan media dalam Pembelajaran ekonomi kelas
XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan Perbankan, Bu
Madhica sebagai guru ekonomi dengan menggunakan metode visual dan audio visual,
maka media yang digunakan berupa madding yang berisikan poster, kurva, potongan
gambar, mind map sebagai media visual.
Berita TV dan gambar bersuara sebagai media audio visual yang
dimanfaatkan untuk meningkatkan minat siswa untuk materi pelajaran.
c.
Materi
Implementasi
materi dalam Pembelajaran
ekonomi kelas XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang
dan perbankan, Bu Madhica menyampaikan materi dengan media berupa mading
(visual) dan pemutaran berita/film (audiovisual). Materi yang telah tersusun di
keterangan mading berupa gambar uang, gambar lembaga perbankan, kurva
permintaan dan penawaran uang, mind map sejarah adanya uang. Untuk audio visual
guru menunjukkan peutaran dari sejarah, latar belakang perbankan di dunia.
Misalnya negara Amerika yang pertama kali memiliki FED sebagai pelopor bank
sentral di dunia. Selain itu, guru dapat memberikan materi yang video masalah
keuangan yang dihadapi Indonesia.
4. Utilize Media and Materials (memanfaatkan media dan materi)
Untuk mengaplikasikan
media dan materi, perlu melakukan:
a.
Preview materi
Seorang guru tidak pernah menggunakan materi tanpa
pertama melakukan review awal. Selama proses pemilihan, harus menentukan
apakah materi itu sesuai untuk pembelajar dan tujuan yang telah ditetapkan.
Implementasi Preview materi dalam Pembelajaran ekonomi kelas XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi
pembelajaran yaitu Uang dan Perbankan, Bu Madhica meninjau materi yang akan
digunakan dalam proses pembelajaran, tentang Uang dan Perbankan.
b.
Menyiapkan teknologi, media, dan
materi
langkah selanjutnya
menyiapkan teknologi, media, dan materi yang akan mendukung kegiatan
pembelajaran. Pendidik harus menyiapkan : seluruh perlengkapan yang dibutuhkan,
urutan materi dan isi materi ajar.
Implementasi Menyiapkan teknologi, media, dan materi dalam pembelajaran ekonomi kelas XI
IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan Perbankan, Bu
Madhica menyiapkan materi bahan ajar yang akan digunakan yaitu tentang
bentuk-bentuk uang dan menyiapkan media yang sesuai dengan metode visual dan
audio visual salah satunya dengan penggunaan madding dan pemutaran video.
c.
Menyiapkan lingkungan
Pengaturan ruang kelas, laboratorium, pusat media, sarana dan prasarana
penunjang pembelajaran yang baik akan membuat pengunaan teknologi, media dan
meteri berjalan efektif dan efisien dalam proses pembelajaran berlangsung.
Implementasi Menyiapkan
lingkungan dalam pembelajaran
ekonomi kelas XI IPS 2, SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu perdagangan
internasional, Bu Madhica mengkondisikan suasan kelas agar kondusif dan
interaktif untuk proses belajar serta membuat jadwal piket siswa agar kelas
bersih danpembelajaran menjadi nyaman.
d.
Menyiapkan pebelajar
Belajar dari suatu kegiatan tergantung
pada bagaimana pebelajar disiapkan untuk kegiatan pembelajaran. Beberapa fungsi
seperti, mengarahkan perhatian, meningkatkan motivasi, menjelaskan rasional
mempelajari suatu materi, merupakan kegiatan untuk menyiapkan pebelajar, baik
kelas yang teacher-centered maupun student-centered
Implementasi
Menyiapkan pebelajar dalam pembelajaran ekonomi kelas XI IPS
2 SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan Perbankan Bu Madhica
menyampaikan cerita singkat, yang didalam cerita tersebut tersirat motivasi-motivasi,
seperti cerita singkat tentang pahlawan.
e.
Menyediakan pengalaman belajar
Setelah
persiapan yang dilakukan guru selesai, guru akan memberikan pengalaman belajar
kepada siswa.
Implementasi
Menyediakan pengalaman belajar dalam pembelajaran
ekonomi kelas XI IPS 2 SMAN 1 Rembang dengan materi pembelajaran yaitu Uang dan
Perbankan. Bu Madhica memberikan tutorial, praktik, presentasi, cara berbicara
sehingga dari pengalamannya, siswa bisa meniru dan belajar.
5.
Require Learner Participation
Smaldino
(2005: 154) said that have the student do
specific activities that rely on their ability to use multimedia. bahwa secara konstruktif belajar
adalah proses mental aktif yang dibangun berdasarkan pengalaman autentik yang
relevan dimana para siswa akan menerima umpan balik informatif, respon yang
memungkinkan mereka mengetahui sejauh mana mereka telah mencapai tujuan.
a.
Latihan
Dalam
pembelajaran latihan dilakukan apabila siswa telah mendapatkan
materi/instruksi, ini untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran
tercapai. Membangun partisipasi siswa dengan melakukan praktik langsung dengan
teknologi dan kemampuan baru.
SMAN 1 Rembang
MATERI UANG DAN PERBANKAN
SOAL LATIHAN
|
|
No
|
Soal Latihan
|
1.
|
Jelaskan konsep permintaan dan penawaran uang?
|
2.
|
Sebutkan dan jelaskan secara
singkat faktor-faktor uang?...
|
3.
|
Jelaskan secara singkat sejarah perbankan indonseia?...
|
4.
|
Deskripsikan pengertian kartu kredit?....
|
5.
|
Sebutkan pemanfaatan produk bank?...
|
b.
Umpan balik/tanggapan
Sebuah kegiatan guru untuk meningkatkan kinerja siswa dengan
cara mengoreksi tugasnya yakni menuliskan catatan kecil untuk mengingatkan
kesalahan atau kekurangannya.
6.
Evaluate and Revise
a.
Menilai prestasi pemelajar
Cara menilai pencapaian hasil belajar tergantung pada hakekat tujuan itu.
Menurut Dewi Salma Prawiradilaga (2008 : 69),
penilaian hasil belajar diperlukan untuk mengukur tingkat pemahaman atau
materi yang sudah diberikan oleh pendidik.
Proses dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan cara kita melihat
dari hasil penilaian prestasi siswa. Penilaian prestasi siswa bertujuan agar
guru mengetahui seberapa besar tujuan belajar tercapai.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Hasil
|
1.
|
Kemampuan siswa
|
Hasil dari pembelajaran yakni siswa
mampu menguasi materi:
a. Pengertian, manfaat, dan faktor dari uang
dan perbankan
b. Jenis-jenis
uang dan bank
c. Fungsi bank
sentral, bank umum, dan bank pemasyarakatan
d. Persyaratan
yang harus dimiliki oleh pengkredit
|
2.
|
Kegiatan pembelajaran
|
Berjalan baik diwujudkan dengan siswa bersemangat dan konsentrasi dengan
materi yang disampaikan, karena pembelajaran dilakukan dengan bervariasi.
|
3.
|
Tujuan pembelajaran
|
Tujuan pembelajaran tercapai
dengan indikator siswa mampu mendeskripsikan, menyebutkan, menjelaskan,
aplikasi soal-soal latihan, serta prestasi belajar siswa naik.
|
b.
Mengevaluasi dan merevisi strategi,
teknologi, dan media
Dari
pengunaan strategi, teknologi, dan media, langkah selanjutnya mengevaluasinya
secara keseluruhan dan apabila terdapat kekurangan harus direvisi untuk
meningkatkan kesempurnaan sebuah strategi, teknologi, dan media yang digunakan.
No
|
Evaluasi
|
1.
1
|
Media :
a. Materi yang disampaikan harus jelas, singkat, dan
mudah dipahami.
b. Penggunaan multimedia kit dengan media mading (
mind map) untuk lebih mudah dalam
penggunaanya bukan mempersulit siswa.
c. Perlunya tambahan variasi dalam pembelajaran.
d. Media pembalajaran kalau bisa disediakan oleh
sekolah.
|
B.
Langkah-langkah Penggunaan
Multimedia yang Dikembangkan dengan Model ASSURE untuk Pembelajaran Ilmu
Ekonomi
Pemanfaatan
multimedia dalam suatu pembelajaran sangatlah penting peranannya, Anitah
(2008: 93) menyatakan bahwa dalam memanfaatkan penggunaan suatu media dalam
proses pembelajaran perlu dilakukan perencanaan yang sistematik. Penggunaan
multimedia dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan ketercapaiannya tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan.
Nicholson and Nicholson (2014: 3) said that in their qualitative study, revealed student perception that
multimedia course components facilitated easier completion of homework tasks
because they were able to review at their own pace. Penggunaan multimedia
juga meningkatkan kemampuan siswa dalam penyelesaian berbagai tugas termasuk
tugas rumah. Termasuk dalam pembelajaran ekonomi dalam pemanfaatan multimedia.
Anitah (2008: 94) secara umum langkah-langkah
penting dalam penggunaan media yaitu :
1.
Persiapan sebelum menggunakan media
Sebelum memulai
kegiatan pembelajaran, guru harus menyiapkan media-media yang akan digunakan
dalam pembelajaran tersebut. Guru harus mengetahui cara menggunakan media yang
akan digunakan dan media-media yang digunakan guru ekonomi dalam pencapaian
kompetensi yang telah ditentukan.
Multimedia
yang akan digunakan dalam pembelajarn ekonomi dalam makalah ini adalah berupa
Power Point, LCD, Video Pembelajaran yang akan menampilkan materi Uang dan
perbankan. Guru dituntut untuk mahir dalam pegoperasian multimedia tersebut.
Hasilnya nanti siswa akan menyelesaikan tugas kelompok.
2.
Pelaksanaan penggunaan media
Setelah tahapan persiapan berbagai media, langkah selnajutnya dalam
penggunaan multimedia dalam pembelajaran ekonomi adalah pelaksanaan atau
penggunaan dari media-media tersebut. Pada saat pembelajaran berlangsung dengan
menggunakan media-media pembelajaran, guru harus menjaga suasana kelas agar
tetap kondusif.
Misalnya dalam Penggunaan proyektor guru
memerlukan kegelapan ruang, tetap usahakan pebelajar masih dapat menulis
catatan-catatan yang diperlukan. Misalnya
guru masih perlu menambah penjelasan dengan menulis dipapan tulis, usahakan
pembelajar tidak terhalang oleh posisi berdiri guru ketika menampilkan slide Power
Point mengenai materi Uang dan perbankan dan kemudian menampilkan video/ berita
agar siswa tidak merasa bosan.
3.
Evaluasi
Tahapan ini
menjelaskan tentang apakah kompetensi yang telah ditetapkan dalam awal
pembelajaran telah tercapai atau belum selama pembelajaran berlangsung
menggunakan berbagai media. Selain itu, tahap evaluasi juga dilakukan untuk
memantapkan materi dari penyampaian media yang telah dilakukan dalam
pembelajan.
Misalnya untuk
memantapkan pemahaman materi uang dan perbankan yang disampaikan melalui
multimedia power point dan video. Tes perlu diadakan sebagai umpan balik apakah
tujuan pembelajaran materi Uang dan perbankan sudah tercapai atau belum, yaitu
siswa mengerjakan soal pilihan ganda dan essya yang isinya mengenai pengertian,
jenis-jenis, bentuk dari uang dan perbankan.
Tes
tersebut digunakan guru untuk mengetahui seberapa besar pemahaman,pengetahuan
siswa, tujuan pembelajaran dan kompetensi yang dicapai siswa. Sehingga guru
dapat menentukan keputusan apakah mengulang kembali lagi materi yang diajarkan
atau tidak.
4.
Tindak lanjut
Merupakan tahapan akhir dalam penggunaan
multimedia dalam pembelajaran ekonomi. Pada tahap ini guru akan mendapatkan feedback
dari siswanya, dan dapat menyimpulkan apakah siswa telah memhami materi
secara total atau belum.
Guru
dapat meminta siswa untuk memperdalam materi dengan cara kerja kelompok
mengenai materi uang dan perbankan yang telah disampaikan, siswa dapat
memanfaatkan multimedia dari power point dan video pembelajaran yang
disampaikan guru sebelumnya, ataupun dengan memanfaatkan media dari internet,
jurnal, maupun buku pembelajaran yang menunjang. Hasil kerja tadi akan
ditampilkan siswa dalam media madding
berupa visual.
Implementasi langkah
dengan menggunakan model ASSURE
a.
Analyze Learners
Bu Madhica merupakan guru ekonomi di SMAN 1 Rembang, yang akan
menerangkan materi pembelajaran tentang uang dan perbankan.
a. Sebelum menggunakan multimedia Bu
Madhica menganalisis keefektifan penggunaan Power Point dan Video dalam
pembelajaran yang akan dilakukan
b. Kemudian berfikir apakah power point
dan video yang akan digunaknnya tersebut dapat diterima siswa dengan baik atau
tidak
c. Dengan penggunaan media power point
dan video dapatkah membuat siswa mampu memahami pelajaran atau tidak
b.
State Objectives
Adanya
penggunaan Multimedia yaitu Power Point dan Video ditujukan untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang efektif, efisien, dan optimal dengan tujuannya yaitu
siswa dapat memahami materi uang dan perbankan secara menyeluruh berupa
pengertian, jenis-jenis dan bentuk dari pemanfaatan uang dan bank.
c.
Select Methods, Media, and Materials
a.
Bu
Madhica menggunakan metode yang berpusat pada guru yaitu dengan metode ceramah
dengan materi uang dan perbankan pada penggunaan Multimedia (Power Point) dan
video.
b.
Bu
Madhica juga memilih metode yang berpusat pada siswa yaitu siswa diminta untuk mengamati
dan menganalisis video yang ditampilkan tentang materi uang dan perbankan.
c.
setelah mengamati siswa diharapkan untuk aktif
dan paham dalam memaparkan materi yang ditangkap dalam penayangan video
tersebut.
d.
Utilize Media and Materials
a.
Bu
Madhica menjelaskan materi uang dan perbankan dengan penggunaan power point menjelaskan slide power point satu per satu dari mulai pengertian, jenis-jenis,
bentuk-bentuk, dan pemanfaatan uang dan bank.
b.
Setelah
pemaparan materi dengan Power Point selesai, Bu Madhica mencoba membuat suasana
kelas menyenangkan, lebih berkonsentrasi dam tidak mengantuk
c.
Bu
madhica menayangkan video yang menunjang penyampaian materi uang dan perbankan.
e.
Require Learner Participation
a.
Setelah
penayangan multimedia berupa Power Point dan Video
b.
Bu Madhica bertanya kepada siswa apakah siswa
sudah memahami materi uang dan perbankan yang ditampilkan tadi.
c.
Kemudian
siswa menanggapi dengan menanyakan jenis-jenis uang dan perbankan luar negri itu
apa saja.
d.
Selanjutnya
Bu Madhica mencoba menjawab apa yang ditanyakan siswa dengan penuh perhatian.
Siswa diharapkan untuk aktif dalam mengikuti pelajaran dengan menanyakan apa
yang mereka belum pahami.
e.
Pada
saat setelah video telah ditayangkan, Bu Madhica meminta siswa untuk
menyebutkan apa yang mereka dapat dari video itu.
f.
Evaluate and Revise
a.
Bu
Madhica mengevaluasi pembelajaran,
dengan memberikan soal-soal materi uang dan perbankan yang berisi 10 pilihan
ganda dan 1 essya dengan waktu 15 menit.
b.
Bu
Madhica juga membentuk kelompok dan membuat tugas kelompok untuk membuat maping
map tentang jenis-jenis bank umum. dan bank pemasyarakatan.
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Multimedia
menurut Hofstetter 2001 dalam Ariani dan Haryanto (2010 : 11) adalah pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan
menggunakan alat yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi.Macam-macam multimedia ada 5, yaitu Multimedia Kits, Hypermedia,
Interactive Media, Virtual Reality, Expert Systems.
Multimedia memiliki
kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga tidak semua multimedia dapat
digunakan dengan sesuai untuk pembelajaran Ekonomi atau Pemasaran. Setelah
dilakukan kajian secara mendalam, ditemukanlah salah satu jenis multimedia yang
sesuai dengan pembelajaran Ekonomi, yaitu multimedia kits. Multimedia kit
memadukan berbagai media yang mampu mengintegrasikan panca indera yang dimiliki
manusia, sehingga memungkinkan siswa mengikuti pembelajaran secara antusias.
Pengembangan
dengan model ASSURE multimedia
untuk pembelajaran ilmu ekonomi ada Analyze
Learners; State Objectives;
Select
Methods, Media, and Materials; Utilize Media and Materials; Require Learner
Participation; dan Evaluate and Revise
Langkah-langkah
yang digunakan multimedia dalam model ASSURE menurut Anitah (2008 : 94) yaitu
Persiapan sebelum menggunakan multimedia,
Pelaksanaan penggunaan multimedia, Evaluasi dan Tindak
DAFTAR PUSTAKA
Anitah,
S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta:
Yuma Pustaka – Learning
Resource
Center FKIP UNS.
Anitah,
S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta:
Yuma Pustaka – Learning
Resource
Center FKIP UNS.
Ariani, N, dan Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah.
Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.
Scales,
B., Nicol, E., & Johnson, C. (2014). Redesigning Comprehensive Library
Tutorials: Theoritical Considerations for Multimedia Enhancement and Student
Learning. Reference and User Services Quarterly. Vol. 54. 33.
Smaldino, S.
E., Russel, J. D., Heinich, R., & Molenda, M.
(2005). Instructional
Technology and Media for Learning. Columbus.
OH: Pearson Education. Inc.
Smaldino, S.
E., Russel, J. D., Heinich, R., & Molenda, M.
(2011). Teknologi
Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta:
Kencana Prenada Media
Group.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar