Sabtu, 05 Januari 2019

Laporan Observasi UMKM Surakarta- Madu Arbain Pak Jundi Sukarna


LAPORAN OBSERVASI UMKM MADU ARBA’IN
PAK JUNDI SUKARNA
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
logo uns.png
Dosen Pengampu ;
Jonet Ariyanto Nugroho, S.E, M.M
Disusun Oleh :
Kelompok 2 Kelas B
1.      Fike Meidiva               (K7617036)
2.      Imelda Nadya             (K7617043)
3.      Maya Rohmantika S   (K7617051)
4.      Nur Faidah                  (K7617059)
 
 
 
 
 
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya, sehingga tugas mata kuliah Pancasila tentang “ Laporan Observasi UMKM Madu Arba’in Pak Jundi Sukarna” dapat selesai tepat waktu.
            Makalah ini telah disusun secara maksimal dengan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar penyusunan makalah ini. Terimaksih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan makalah ini.
            Terlepas dari semua itu, disadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Kritik dan saran dari pembaca akan diterima dengan tangan terbuka karena dapat memperbaiki makalah ini.
            Akhir kata, semoga makalah tentang “Laporan Observasi UMKM Madu Arba’in Pak Jundi Sukarna” dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat bagi kita semua.
 
Surakarta, 10 Desember2018
 
 
Penulis
 
 
 
 
 
DAFTAR ISI
     Halaman
HALAMAN JUDUL…………………………………………………        i
DAFTAR ISI…………………………………………………………         ii
KATA PENGANTAR………………………………………………         iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang………………………………………………..          1
B.     Tujuan Penulisan dan Observasi………………………………         1
C.     Tempat dan Waktu Pelaksanaan………………………………         2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Perusahaan…………………………………………          3
1.      Deskripis Umum Perusahaan…………………………          3
2.      Latar Belakang Industri………………………………          4
3.      Riwayat Perusahaan…………………………………..          6
4.      Tujuan Perusahaan……………………………………          7
5.      Ciri Khusus Produk…………………………………..          7
B.     Bagian Pemasaran……………………………………………           7
1.      Riset dan Analisis…………………………………….          7
2.      Rencana Pemasaran…………………………………..          10
C.     Riset, Desain dan Pengembangan…………………………….          12
BAB III PENUTUP
A.    Simpulan…………………………………………………….            14
B.     Saran…………………………………………………………           14
LAMPIRAN………………………………………………………..                        15


BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga, yang digunakan oleh manusia sebagai bahan makanan, obat, atau minuman. Madu memiliki warna dan aroma yang beraneka ragam, tergantung dari bunga apa yang dihasilkan. Ada yang berwarna putih kekuningan, kuning keemasan, kuning agak tua, coklat bahkan hitam. Rasa madu yang dominan manis. Membuat ketertarikan terhadap konsumen apalagi memiliki segudang manfaat dari segi kesehatan.

Konsumsi madu di Indonesia yang kurang lebih 10 gr/ capital/ tahun, namun kenyataannya besarnya permintaan terus meningkat dan peningkatan ini belum diimbangi dengan kemampuan industri perlebahan dalam meningkatkan produksi madu, sehingga untuk mengatasi kondisi tersebut maka pengembangan usaha lebah madu perlu dilakukan. Harga dari produksi lebah yang mahal, kondisi alam yang mendukung merupakan peluang besar yang perlu mendapatkan perhatian.

Kemudian terpikirlah usaha madu yang dilakukan oleh bapak Jundi Sukarna di desa Mojosonggo jl. Letjen Sutoyo Rw 06 Rw 12 Kec. Jebres  sejak tahun 2002 sampai sekarang. Pak Jundi Sukarna menjadikan usaha madu asli sebagai pendapatan umum yang berawal dari Hadist Nabi “Sebaik-baiknya kalian adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”. Dari ide tersebut kemudian bekerjasama dengan Reseller, agen-agen toko, atau orang yang ingin beusaha sampingan. Dari keunikan tersebut maka kelompok kami berkeinginan untuk observasi di sana.

B.     Tujuan Penulisan dan Observasi

1.     
1
 
Untuk mengetahui usaha kecil menengah/ usaha mikro kecil menengah Madu Arba’in Pak Jundi Sukarna

2.      Untuk memotivasi penulis dalam mengembangkan daya nalar, kreativitas, jiwa kepemimpinan dan perilaku kerja prestatif dalam berwirausaha

3.      Menambah ilmu bagi pembaca tentang produksi madu asli

C.    Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Narasumber :   - Pak Jundi Sukarna (Selaku Direktur utama)

-   Pak Nanang ( selaku penangung jawab pemasaran dan pengemasan)

Metode Penelitian : Observasi dan Wawancara

Tempat :   Jl. Letjen Sutoyo Rt 06, Rw 12, Desa Mojosongo, Kec. Jebres, Surakarta.

Waktu : Senin, 10 Desember 2018. Pukul 12:30- 13:15 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

A.      Deskripsi Perusahaan

1.      Deskripsi Umum Perusahaan

CV. Arba’in Jaya Mandiri merupakan suatu jenis badan usaha berbentuk CV yang bergelut dalam bidang industri pembuatan yang berbahan baku madu asli yang sudah diternakan/ digembalakan baik di perkebunan karet, perkebunan buah mangga, perkebunan buah rambutan, perkebunan kelengkeng perkebunan lainnya yang digembalakan di Indonesia. Pendiri CV. Arba’in jaya  membutuhkan perizinan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Surakarta dan surat izin Departemen kesehatan atau BPOM. CV. Arba’in Jaya Mandiri berdiri pada tahun 2002 yang berlokasi di Jl. Letjen Sutoyo Rt 06 Rw 12 sebagai tempat pengemasan dan pemasaran. Sedangkan yang di Sawah, Sanggrahan, Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah sebagai Kantor Pusat CV. Arba’in Jaya Mandiri.

Perusahaan ini dipelopori oleh Pak Jundi Sukarna, S.pd sendiri dengan berlatar belakang sebagai anak yang dulunya serba kekurangan yang memiliki semangat untuk memperbaiki masa depan dan sekarang menjadi pemilik usaha tersebut sekaligus sebagai pengusaha sukses yang berprinsip pada hadist nabi yaitu sebaik-baiknya kalian dalah mereka yang beranfaat bagi manusia lainnya. Dengan berlandaskan hal tersebut kini, Madu Arbain yang dulunya tidak dikenal orang saat ini sudah menghiasi toko-toko bahkan apotek-apotek di Jawa Tengah bahkan sudah tersebar di luar kota dan luar negri. Usaha ini dibantu oleh beberapa bagian personal management sehingga bisa bekerjsama dengan petani lebah dan agen-agen/ reseller daerah sekitar Surakarta.

Struktur managemen perusahaan terdiri atas pemilik perusahaan yang merupakan sebagai direktur utama dan dibantu oleh 10 orang karyawan yang langsung memegang kendali untuk setiap sub divisi seperti divisi administrasi dan keuangan, divisi produksi, pemasaran, atau pengembangan produk. Usaha ini dibangun di tanah dataran rendah dimana antara produksi peternakan madu asli berbeda tempat dengan kantor pusat dan kantor pengemasan dan produksinya. Perusahaan ini terletak cukup strategis karena lokasinya yang deket dengan jalan raya sehingga mempermudah dalam hal distribusinya.

Walaupun demikian usaha ini tetap mematuhi dan memberikan ketentuan-ketentuan mengenai tata letak pendirian usaha dan cara pengelolahan limbah agar tidak berdampak buruk bagi masyarakat dan lingkungan setempat. Usaha ini juga mendapat izin terkait AMDAL dari dinas Surakarta setempat. Usaha ini mengerjakan orang-orang yang termapil dalam bidangnya, jikapun belum terampil maka sebelunya akan diberikan pelatihan dan skill untuk menyamakan antara kebutuhan perusahaan dengan apa yang akan diberikan sehingga mampu memberikan sebuah produk Madu Asli dan Herbal yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dengan target pemasaran yang tepat serta managemen yang baik guna menyokong usaha ini agar mampu berdiri lebih lama. Selain itu keunggulan dari perusahaan ini yaitu menjedikan madu pure asli 100% dengan desain, brend merk yang berbeda dengan lainnya, serta promo-promo yang menarik.

 

2.      Latar Belakang Industri

Madu adalah cairan kental manis memiliki warna dan aroma yang beraneka ragam, tergantung dari bunga apa ia dihasilkan. Ada madu berwarna putih kekuningan, ada yang berwarna kuning keemasan, kuninng agak tua, coklat tua, bahkan hitam. Rasa madu dominan manis, ada pula yang agak asam, tergantung pohonnya. Dan madu ini bersifat panas. Biasanya madu dijual dalam botol-botol kaca atau plastik. Ada madu murni, yakni madu yang tidak ditambahkan bahan apapun. Ada juga madu olahan, yang biasanya ditambah dengan vitamin atau perisa tertentu. yang memiliki kandungan manfaat baik dari segi bahan makanan, minuman, obat, dan kecantikan.

Obat herbal adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh. Sehingga madu sebagai bahan baku utama merupakan salah satu bisnis yang bermanfaat dan sekaligus menguntungkan.

Banyaknya  jenis madu dan obat herbal yang beredar membuat konsumen mempunyai banyak alternative pilihan serta pilihan serta makin kristis , hati-hati, dan selektif dalam memilih madu yang nantinya akan digunakan sebagai pemanis dalam bahan makanan atau sebagai obat herbal sebuah penyakit, atau yang sesuai kebutuhan.  Jenis produk cream, sampho cair, body lotion, masker, obat herbal, sabun cair dan obat penghilang kutu rambut merupakan jenis inovasi  yang tembus pandang dari ide Pak Jundi Sukarna.

CV. Arbain Jaya Mandiri memproduksi berbagai jenis produk sebayak 22 lebih produksi seperti Madu Asli : (madu kids habbat propolis lil walad Arbain, Madu plus AA, Omega 6 dan Oleat, Madu propolis, Madu Hutan, Madu Manggis plus propolis, Madu Ummi, Madu Pahit Plus royal Propolis, Madu Nektar Kelengkeng, Madu Sirsak plus Propolis, Madu Randu, Madu Rambutan, Madu Kaliandra, Madu Mangga, Madu Karet, Madu Kurma Plus Propolis, Madu Royal Propolis, Madu Buah Merah papua, Madu Ummi ibu Hamil, Madu Arab, Sabun Cair, Shampo cair, Body Lotion, Cream, Masker dan Obat herbal yang sedang dalam masa pengujian yaitu Obat penghilang kutu rambut, ) dan Obat Herbal seperti : (Keladi Tikus, Ar Habbats, Habbatussauda Arbain, Ekstrak Kulit Manggis kapsul, Ekstrak Daun Sirsak Kapsul, Ma’jun, Helbeh, Beepollen, Minyak Zaitun Mubarak, Cream Zaitun Mubarak, Propolis Arbain), Sabun Cair Arbain, Body Lotion Arbain, Shampoo Cair Arbain, dan Obat Kutu Rambut Arbain yang sedang Uji Coba.

3.      Riwayat Perusahaan

Nama Perusahaan : CV. Arba’in Jaya Mandiri

Alamat Usaha :

-          Sawahan, Sanggrahan, Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah ( Kantor Pusat Arbain Jaya Mandiri )

-          Jl. Letjen Sutoyo Rt 06, Rw 12, Desa Mojosongo, Kec. Jebres, Surakarta. (Tempat pengemasan produk dan Produksi)

Nama Pemilik : Jundi Sukarna, S.pd

Alamat Pemilik : Jl. Letjen Sutoyo Rt 06, Rw 12, Desa Mojosongo, Kec. Jebres, Surakarta.

Tahun Berdiri : 2002

Sertifikasi :

    1. Surat Izin Pendirian Usaha dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Surakarta
    2. Surat izin Departemen Kesehatan
    3. Surat izin POM TR
    4. Surat izin MUI

Personal Managemen :

a.       Bagian Administrasi dan Keuangan : Abdurrachim

b.      Bagian produksi : Hasby Abdul Raqib

c.       Bagian Pemasaran: Tri Hartanto

d.      Bagian Pengembangan Produk : Nanang Feriyanto

4.      Tujuan Perusahaan :

Untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang lebih lengkap dengan tujuan untuk kesehatan tertentu dan manfaat yang beragam InsyaAllah telah banyak manfaat dan kesembuhan atau terjaga kesehatan konsumen, Menghasilkan produk yang bertaraf Internasional yang mampu membuka lawangan kerja baru guna mengurangi tingkat pengangguran, membantu konsumen untuk mendapatkan kualitas terbaik dengan harga yang sngat terjangkau.

5.      Ciri Khusus Produk

Produk yang ditawarkan oleh CV Arbain Jaya Mandiri adalah Madu yang benar-benar Asli yang langsung dari petani yang benar-benar dipercaya, Memiliki Standart Aroma, Tekstur dan Rasa yang benar-benar 100% asli sehingga bisa di bedakan dengan produk madu yang oplosan, Memiliki berbagai jenis kemasan yang unik dengan kuantitas yang berbeda, serta berbahan dasar bermerk “Arba’in” yang memiki tiga fungsi yaitu sebagai madu asli, Obat herbal dan kecantikan.

 

B.     Bagian Pemasaran

1.    Riset dan Analisis

Sasaran pasar berdasarkan dibagi atas dua macam yaitu

a.      Pasar sasaran (Konsumen)

1)      Anak-anak (diatas 2 tahun)

Untuk produk Madu Arba’in ini juga membuat khusus anak-anak yaitu boleh dikonsumsi untuk umur diatas 2 tahun. Nama produk ini yaitu Madu Kids Arba’in. Madu ini disesuaikan dengan kebutuhan anak yaitu dengan ph yang rendah, untuk proses pembuatannya juga ada pengolahan sendiri khusus untuk anak-anak. Produk madu tersebut bisa didapatkan di apotek, Indomaret, toko-toko kelontong atau agen-agen di solo raya, karanganyar, jogja, bandung (Cimahi), irian jaya, bahkan sudah merambah ke Luar Negri seperti Malaysia.

2)   Semua kalangan (Remaja dan Dewasa)

Produk ini bisa dikonsumsi untuk semua kalangan remaja maupun dewasa, untuk produknya seperti madu, herbal, maupun kosmetik. Dijual di agen-agen maupun apotek di solo raya, karanganyar, jogja, bandung (Cimahi), irian jaya, bahkan sudah merambah ke Luar Negri seperti Malaysia

b.      Ukuran dan Trend Pasar

Trend pasar untuk produk Madu  Arba’in, obat herbal dan kosmetik secara analisis Teknik akan mengalami trend yang akan terus meningkat dari dimana produk ini mempunyai banyak manfaat seperti bahan makanan, minuman, obat herbal (kesehatan) dan kosmetik (kecantikan). Apalagi CV ini di didirikan sejak 2002-sekarang dengan nama Ar’bain yang sudah membawa brand yang bagus.

Dengan bertambahnya konsumen dan kepercayaan konsumen terhadap produk ini maka dapat dimungkinkan dalam kurun  waktu yang lama akan mendapatkan brand image yang kuat.

c.       Persaingan

Pada persaingan penjualan seperti produk Madu Arba’in yang membedakan dengan madu yang lain yaitu banyak jenis madu yang dijual, untuk label dari produk ini berbeda dengan yang lain, menjaga keaslian produk untuk mempertahankan kualitasnya dan madu yang dijual juga merupakan produk yang unggul, juga sudah masuk badan POM sehingga terjamin produk ini untuk layak dikonsumsi masyarakat Sedangkan untuk produk obat herbal dan kosmetik masih kalah saing dengan produk diluar yang sudah terkenal dengan merk/brend nya. Maka dari itu dapat dilaksanakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan perusahaan ditengah kancah persaingan usaha. Berikut ini adalah analisis yang dapat dikemukakan :

1)   Strength (kekuatan)

Seperti yang telah dijelaskan tadi, bahwa untuk meningkatkan khususnya dalam hal persaingan pasar yaitu menunjukkan dari segi kualitas yaitu menjaga keaslian produk yang dibuat dari madu asli 100%. Untuk obat herbal dan kosmetik juga lebih ditingkatkan kualitasnya agar dapat bersaing dengan produk yang lain. Dengan memasarkan produk lewat sosial media seperti instagram, facebook dll. Dan menjualnya ke agen-agen bukan hanya di solo raya tapi juga seluruh indonesia bahkan sudah sampai diluar negeri dan mau tidak mau harus meningkatkan level produk agar produksinya menjadi lebih baik.

2)      Weakness (Kelemahan)

Untuk bahan baku ataupun produksi tidak ada masalah yang banyak menjadi masalah dari segi manajemen usaha tersebut, selain itu juga terdapat komplain masyarakat misalnya botol madu yang mudah pecah, Hal seperti itu biasanya banyak terjadi pada agen-agen  atau toko yang dititipkan produk madu tersebut, tetapi untuk dari pabriknya sendiri jarang ada komplain dari konsumen. 

3)      Oppurtunity (Kesempatan)

Membuat jenis produk yang lebih banyak misalnya membuat obat herbal yang terbuat dari madu, karena di pasaran biasanya obat masih berbentuk sirup,atau air maka dari itu dalam usaha ini ingin menciptakan sesuatu yang baru walaupun masih dalam riset, selain itu untuk produk kosmetik, ingin membuat obat kutu yaitu dengan menyemprotkan cairan seperti hairsprai, sebenarnya barang tersebut sudah jadi tetapi belum ada bukti/ ijin dari badan pom. Membuat produk madu untuk menjadi barang ekspor, meskipun madu bukan merupakan bahan primer, tetapi untuk kedepannya semoga bisa menjadi barang ekspor.

4)      Threat (ancaman)

Ancaman umumnya berasal dari diri sendiri, seperti manajemen yang kurang baik, jika manajemen usaha tersebut baik atau sudah tertanam kuat maka tidak akan berat jika menghadapi masalah diluar yang terkait pemasaran dan sebagainya. Kalau manajemen baik dan kuat juga tidak akan menjadi masalah besar dalam menjalankan usaha tersebut.

Berdasarkan analisis SWOT tersebut membuat CV Arbain Jaya Mandiri semakin berkembang pesat dengan ilmu-ilmunya yng dipelajari melalui kelamahan dan kekurangan bahkan kesalahan yang terjadi dengan bantuan kerjasama tim untuk memecahkan masalah tersebut, hal tersebut membawa kekuatan tersendiri.

d.      Estimasi Pangsa Pasar

Pemasaran virtual dilakukan memalui teknologi jaringan. Seperti meluncurkan website, membuat akun instagram, Whats App, Facebook, dan Chanel Youtube yang diluncurkan untuk mempromosikan produk Arbain ke kancah nasional ataupun internasional. Sedangkan website sendiri digunakan sebagai sarana kritik dan saran konsumen sehingga berguna untuk ekspansi pasar berikutnya.

Pemasaran dunia maya juga dilakukan melalui bergabung di media social yang ada grupnya sehingga produk akan semakin mudah dikenal, bahkan memungkinkan terbentuknya rekanan bilateral degan instansi lain di luar negri hal ini berguna untuk dorongan dan probabilitas ekspansi pasar ekspor.

2.    Rencana Pemasaran

a.      Strategi Pasar, Penjualan, dan Distribusi

Strategi pasar, penjualan,dan distribusi merupakan tiga hal yang sangat menentukan kesuksesan suatu usaha di pasaran. Target pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan oleh usaha Madu Arba’in adalah konsumen dari tingkat menengah ke atas tetapi sebenarnya adalah dari kalangan atas. Karena usaha ini ingin menjual produk yang tidak hanya dengan kualitas yang rendah tapi ingin menjadi produk yang berkualitas tinggi.

Penjualan produk ditingkatkan sesuai dengan permintaan pasar biasanya yang dijual ditoko harganya sekitar Rp. 70.000- Rp. 130.000/ per unit. distribusi pemasaran melalui agen-agen, Reseller atau apotek, tidak hanya di solo raya saja, tetapi produk tersebut sudah tersebar  diseluruh indonesia bahkan hingga ke Luar Negeri.

b.      Penetapan Produk

Untuk penetapan harga dalam produk Madu Arba’in tersebut karena produknya juga sudah cukup terkenal dan tersebar diseluruh Indonesia bahkan sudah sampai di luar negeri, dan sasaran produk tersebut adalah untuk kalangan menengah ke atas maka harga juga lumayan cukup tinggi, untuk harga yang dijual di agen/toko sekitar Rp. 70.000- Rp. 130.000 karena produk madu ini juga ingin meningkatkan ke level yang lebih tinggi dengan meningkatkan kualitas dari produk tersebut.

c.       Periklanan dan Promosi

Periklanan merupakan salah satu usaha promosi pengenalan produk pada masyarakat luas. Dari sisi pemasaran, aspek promosi yang sudah direncanakan sangatlah berperan. Langkah awal promosi yang dilakukan untuk menarik minat konsumen adalah dengan mengikuti pameran seperti bazar tujuannya untuk memperkenalkan produk tersebut, selain itu juga promosi lewat media sosial seperti instagram, facebook dll. Untuk pemasaran dan promosi ada petugas sendiri dalam bidang tersebut satu tim terdiri dari 3 orang yaitu mereka mempromosikan produknya seperti madu, kosmetik dan obat herbal di media sosial untuk menarik konsumen jika ada yang tertarik dengan produk tersebut. Untuk menarik pelanggan di usaha Madu Arba’in ini juga memberikan diskon seperti misal beli 1 gratis 1, memberikan promo disetiap evennya. Sehingga tidak kaget jika pernah mendapatkan sebuah pengahargaan pada tahun 2014 “Award The Best Award Leader.”

C.  Riset, Desain dan Pengembangan

1.      Rencana Pengambangan dan Desain

Perusahaan Madu Arba’in Jaya Mandiri mempunyai rencana pengembangan usaha dalam proses produksinya, yang berjangka pendek dan berjangka panjang, antara lain:

a.       Dalam jangka pendek, perusahaan ini akan mengembangkan produk Obat herbal dan kosmetik dengan berbahan dasar madu. Untuk saat ini obat herbal masih dengan bahan dasar yang dibeli dari produsen, dan kosmetik sendiri masih dengan bahan kimia.

b.      Perusahaan masih melakukan riset yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan yang pastinya aman untuk digunakan. Tujuan perusahaan melakukan riset ini, selain ingin meneliti bagaimana produk tersebut dapat aman dikonsumsi dan digunakan, risetdan testimoni juga merupakan syarat suatu produk dapat di daftarkan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

c.       Dalam jangka panjang, perusahaan madu ini akan terus mengembangkan produknya, dan akan menjajaki sebagai produk ekspor. Hal ini akan bermanfaat bagi pengembangan usaha, selain itu dapat memberikan keuntungan bagi negara. Langkah yang dilakukan perusahaan saat ini adalah dengan mengikuti beberapa event yang dilaksanakan oleh badan perindustrian ataupun BUMN.

d.      Menghasilkan produk madu yang berkualitas dan mengedepankan keaslian dari bahan bakunya yakni madu itu sendiri 100%

e.       Mendistribusikan produk di kota solo dan sekitarnya dan sudah merambah sampai ke seluruh indonesia. Dengan mendirikan agen di beberapa kota antara lain di Cimahi (Bandung) dan di Yogyakarta akan mempermudah dalam pendistribusian produk

f.       Mengadakan kerjasama dengan prosuden ternak lebah dan produsen sarang burung walet sebagai bahan baku dalam produksi madu dan produksi sabun sarang burung walet.

Produk ini diberi merk “Arba’in” oleh sang pemilik, yakni bapak Sukarna mengandung filosofi 4 tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan yang dirikan. Untuk lebih jelasnya apa saja 4 tujuan tersebut hanya diketahui dengan jelas oleh bapak Sukarna. Label semua produk yang dibuat oleh perusahaan ini menggunakan merk “Arba’in”. Sebagai contoh produk madu yang di produksi, menggunakan label “Arba’in Madu Super Tawon Liar” ada juga “Arba’in Madu Asli Bunga Randu” yang berlabel sesuai dengan rasa atau bunga yang diproduksi oleh lebah sehingga menghasilkan madu yang berperisa.

Keunggulan dari produk madu “Arba’in” adalah: Menggunakan madu asli yang di ambil langsung dari peternak lebah, dengan mengedepankan keasliannya produk. Tanpa menggunakan bahan tambahan apapun, dan diolah dengan mengukur kadar gas yang berada dalam madu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A.    Simpulan

CV Arbain Jaya Mandiri merupakan suatu jenis badan usaha bergelut dalam bidang industri pembuatan yang berbahan baku madu asli yang sudah diternakan/ digembalakan di perkebunan karet, perkebunan buah mangga, perkebunan buah rambutan, perkebunan kelengkeng perkebunan lainnya yang ada di Indonesia. Usaha ini dilatar belakangi oleh ide Pak Jundi Sukarna selaku Direktur Utama yang berkeinginan untuk membuat usaha yang bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri ataupun orang lain.

Usaha yang berdiri sejak tahun 2002 ini berkembang pesat/ eksis hingga saat ini, ini dikarenakan adanya perencaanaan yang baik, produknya memiliki keunggulan, periklanan dan promosi secara intensif, serta memiliki kepercayaan terhadap masyarakat /konsumen.

B.     Saran

Usaha ini merupakan usaha yang berawal dari usaha sendiri dengan modal terbatas kemudian berkembang menjadi usaha CVdalam menjalankan usahanya. Dalam pengembangan usaha ini perlu perbaikan elemen pengembangan utamanya yaitu manajemen personal karena masih banyak pegawai yang direktur dalam keadaan kurang memiliki ketrampilan dalam bidang riset dan pengembangan produknya sehingga membutuhkan waktu yang lama.

           

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

Image result for madu arbainImage result for madu arbainImage result for madu arbain


Produk dari CV Arba’in Jaya Mandiri
 
 

 



Owner dan Direktur utama CV Arba’in Jaya Mandiri Bpk. Jundi Sukarna, S.pd
 


Proses Pengemasan dan pelabelan Madu Arbain
 


Plang Kantor Pusat CV Arba’in Mandiri Jaya.
Jl. Sawah, Sanggrahan, Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.
 
IMG_20181211_072924


Saat wawancara dengan narasumber Bpk. Nanang Feriyanto divisi Pengembangan Produk di Kantor Perijinan dan Produksi
Jl. Letjen Sutoyo, Mojosongo, Jebres
 
IMG-20181210-WA0008

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MASA DEPAN EKONOMI ISLAM

MASA DEPAN EKONOMI ISLAM Masalah ekonomi zaman sekarang dan ketidakmampuan ekonomi neoklasik untuk menganalisisnya dan menyaranka...