Kamis, 10 Januari 2019

Rangkuman jawaban uas manajemen bisnis


1.  Mengapa lokasi bisnis penting untuk diperhatikan?

Karena ketika sebuah perusahaan memilih sebuah lokasi maka harus mempertimbangkan setiap faktor yang dpat mempengaruhi daya tarik lokasi tersebut untuk Mengevaluasi peluang Kemungkinan-kemungkinan Lokasi tersebut. Misalnya sebuah toko ritel dapat menarik pelanggan hanya karena pelanggan melewati atau mengetahui keberadaan ltoko tersebut

v  Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Lokasi :

  1. Biaya ruang kerja : Biaya sewa atau beli sangat bervariasi tergantung lokasi bangungan tersebut berada.
  2. Biaya tenaga kerja: Biaya perekrutan (standar gaji) tenaga kerja berbeda beda untuk setiap lokasi
  3. Intensif pajak: Kebijakan pajak oleh pemerintah daerah berbeda-beda (asas otonomi daerah)
  4. Sumber permintaan: Perusahaan yang mendekati sumber permintaan akan meminimalisasi biaya mobilisasi/transportasi produknya
  5. Akses transportasi : Perusahaan yang memasarkan produk secara Nasional akan berusaha mencari lokasi dekat sumber utama transportasi
  6. Pasokan tenaga kerja: Perusahaan akan memilih lokasi yang dapat menyediakan sebagian besar tenaga yang dibutuhkan sesuai keahlian/ketrampilannya

1. Faktor dominan pada perusahaan manufaktur.

Setidaknya terdapat enam faktor dominan, yaitu:

a)      Iklim ketenaga kerjaan yang baik. Hal ini mencakup kondisi tingkat upah, kebutuhan pelatihan, sikap terhadap pekerjaan, produktivitas tenaga kerja, dan kekuatan serikat kerja. Biasanya perusahaan sangat mempertimbangkan faktor kekuatan atau posisi tawar serikat kerja di suatu wilayah.

b)      Kedekatan dengan pasar. Hal ini dipertimbangkan oleh perusahaan yang memproduksi barang dengan ukuran yang besar dan biaya transportasi yang relatif tinggi.

c)       Kualitas kehidupan. Faktor ini mencakup kualitas pendidikan dan sekolah yan baik, ketesediaan fasilitas rekreasi, lingkungan budaya, dan gaya hidup masyarakat yang menarik. Biasanya perusahaan melakukan relokasi karena adanya biaya hidup yang tinggi, tingkat kriminalitas yang tinggi, dan penurunan kualitas kehidupan di suatu wilayah.

d)      Kedekatan dengan pemasok dan sumber daya. Hal ini dipertimbangkan oleh perusahaan yang membutuhkan bahan baku dalam jumlah besar, bentuk yang besar dan berat, atau tidak tahan lama. Keutamaan lokasi yang dekat dengan pemasok dan sumber daya atau bahan baku adalah biaya perawatan persediaan yang relatif lebih rendah.

e)      Kedekatan dengan fasilitas perusahaan induk. Hal ini dilakukan ketika perusahaan membutuhkan pasokan staf dan manajemen yang berkompeten dari perusahaan induk serta kebutuhan koordinasi dan komunikasi yang tinggi.

f)       Biaya utilitas, pajak, dan perumahan. Biaya utilitas mencakup biaya telepon, listrik dan energi, serta air. Disamping itu, pajak dan insentif, biaya relokasi, dan harga sewa dan beli tanah juga perlu dipertimbangkan.

 Faktor-faktor lain.  Disamping keenam faktor dominan yang umum, perusahaan juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor lain, misalnya ketersediaan ruang untuk melakukan ekspansi, biaya konstruksi, keterjangkauan sarana transportasi, biaya pemindahan fasilitas dan tenaga kerja, asuransi, persaingan dalam hal kebutuhan tenaga kerja, peraturan lokal, sikap masyarakat, dan faktor-faktor lain. Bagi perusahaan global, tingkat pendidikan dan kecakapan karyawan menjadi pertimbangan yang penting.

2. Faktor-faktor dominan bagi perusahaan jasa.

Kepuasan pelanggn perusahaan jasa sangat dipengaruhi oleh keterlibatan pelanggan dalam proses operasional perusahaan.  Oleh karena itu perusahaan perlu lebih hati-hati dalam menentukan lokasi. Setidaknya ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan perusahaan, antara lain:

a)      Kedekatan dengan pelanggan. Lokasi yang dekat dengan jangkauan pelanggan akan meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

b)      Biaya transportasi dan kedekatan dengan pasar. Lokasi yang dekat dengan pasar akan menurunkan biaya transportasi yang harus dikeluarkan dan mempercepat waktu penyampaian pada pelanggan.

c)       Lokasi pesaing. Perusahaan perlu mempertimbangkan tidak hanya lokasi perusahaan pesaing yang sudah ada saat ini, namun juga kemungkinan reaksi perusahaan pesaing terhadap lokasi perusahaan yang baru.

d)     Faktor-faktor spesifik lokasi. Hal ini mencakup tingkat aktivitas eceran, kepadatan penduduk dan tempat tinggal, arus dan kepadatan lalu lintas, dan kemudahan akses ke lokasi.

2. Mengapa manajemen produksi dalam konteks efisiensi produksi dan mutu penting? Jelaskan menurut pendapat dan contohnya!

Perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan efisiensi produksinya. Para manajer terus mencari jalan untuk mengelola berbagai sumber daya dengan cara yang dapat meningkatkan efisiensi produksi. Efisiensi produksi adalah hal yang penting bagi perusahaan jasa sekaligus pula  perusahaan manufaktur. Banyak perusahaan menentukan tujuan efisiensi produksi dengan menggunakan tolok ukur.

TUJUAN MANAJEMEN PRODUKSI: Mengembangkan proses produksi yang efisien (biaya relatif rendah) dan bermutu tinggi guna menghasilkan produk barang/jasa yang spesifik. Manajemen produksi dapat mencapai efisiensi dengan pengelolaan sumber daya :

v Menentukan secara tepat jumlah bahan baku yang akan digunakan, Kombinasi sumber daya yang tepat, Pembagian pekerjaan yang tepat, Rangkaian pekerjaan yang tepat Misal : Perusahaan manufaktur lebih banyak menggunakan bahan baku dan peralatan, Perusahaan Jasa lebih banyak menggunakan karyawan dan teknologi informasi

Faktor – faktor penting yang mempengaruhi efisiensi produk : Efisiensi produk-tolakukur-terget rengang

Perusahaan dapat meningkatkan efisiensi produksi melalui metode-metode berikut ini :

1       Teknologi : Teknologi membantu mneyelesaikan proses produksi secra otomatis sehingga meningkatkan efisiensi produk , Teknolgi juga membantu perusahaan meningkatkan arus informasi dan komunikasi antar karyawan dan interaksi antara peusahaan dan pelanggan. Seiring dengan bertambahnya jumlah produksi,

2        Skala Ekonomis : rata-rata biaya produksi akan mengalami penurunan. Biaya tetap yaitu beban operasi yang tidak mengalami perubahan sebagai akibat dari jumlah produk yang diproduksi. Biaya variabel yaitu biaya operasi yang berubah secara langsung mengikuti jumlah produk yang diikutui .

3        Restrukturisasi : Restrukturisasi adalah Perubahan atas proses poduksi untuk mengurangi beban-beban produksi, Rekayasa ulang yaitu perncanaan ulang struktur organisasi dan operasi sebuah perusahaan , Peramingan adalah usaha perusahaan untuk memangkas pengeluaran dengan menhilangkan posisi jabatan tertentu

Soal 3. Apa pengertian desentralisasi dan sentralisasi dalam organisasi bisnis?

Sentralisasi : Struktur organisasi yang sebagian besar wewenangnya berada di manajer tingkat atas. Dalam sentralisasi manajer tingkat menengah dan supervsior bertanggung jawab atas kegiatan sehari-hari dan melaporkannya kepada manajer puncak, tetapi tidak diperkenankan untuk banyak mengambil keputusan

Desentralisasi : Struktur organisasi yang wewenangnya disebar di antara beberapa divisi atau manajer. Dalam hal ini divisi dapat mengambil keputusan sendiri dan bertindak secara independen. Keuntungan dan kerugian           Desentraslisasi ( Dampak Perampingan terhadap Desentralisasi dan Tingkat Desentralisasi yang Tepat )

Keuntungan: 1. memperpendek proses pengambilan  keputusan , 2. manajer akan menjadi lebih berpengalaman dalam mengambil keputusan

kerugian: jika manajer kurang memilki pengalaman, mungkin          kinerja yang diharapkan akan kurang sesuai

Tingkat desentralisasi yang tepat bagi setiap perusahaan akan tergantung pada keahlian para manajer yang diberikan tanggung jawab.

Desentralisasi dikatakan tepat jika manajer mampu menangani tambahan tanggung jawab tersebut. Contoh: Manajer puncak menentukan kompensasi karyawan -> Penentuan kompensasi diserahkan supervisor. Manajer puncak memungkinkan supervisor untuk menetukan harga perusahaan untuk menawar suatu pembelian tertentu

Soal 4. Apa fungsi Manager?

1        Perencanaan: Perencanaan adalah penetapan suatu tujuan perusahaan dan menentukan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Di dalamnya mengandung proses persiapan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghadapi berbagai kondisi bisnis di masa mendatang.

 

 

Langkah-langkah proses perencanaan

·         Membuat pernyataan misi

·         Membuat Rencana Strategis

·         Membuat Perencanaan  Taktis

·         Membuat perencanaan Operasional

·         Membuat Perencanaan Kontijensi

 

2        Pengorganisasian : Meliputi penentuan bagaimana aktivitas-aktivitas karyawan  dan sumber daya itu dikelompokan melalui cara yang konsisten sesuai tujuan perusahaan.

3        Kepemimpinan : adalah proses memengaruhi kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang lain demi mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan berhubungan dengan intruksi bagaimana menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan benar.

Gaya Kepemimpinan:

a)      Gaya Autokrasi

    Gaya kepemimpinan dimana pemimpin mempertahankan wewenang penuh dalam pengambilan keputusan

b)      Gaya Bebas Kendali

    Gaya kepemimpinan dimana pemimpin mendelegasikan sebagian besar wewenangnya kepada para karyawan

c)      Gaya Partisipatif

      Gaya kepemimpinan dimana para  pemimpin menerima beberapa masukan karyawan

4. Pengendalian : pengawasan dan evaluasi pekerjaan untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut sesuai tujuan perusahaan. Contoh pengendalian Pengendalian oleh Investor, Pengendalian atas pelaporan.

Soal ke-5. Apa yang direncanakan ketika akan memulai sebuah bisnis?

Jawaban:

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MASA DEPAN EKONOMI ISLAM

MASA DEPAN EKONOMI ISLAM Masalah ekonomi zaman sekarang dan ketidakmampuan ekonomi neoklasik untuk menganalisisnya dan menyaranka...