ANALISIS
KEBUTUHAN BAHAN AJAR
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas
: X/ IPS
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mempraktikan ketrampilan dasar bank, lembaga keuangan bukan
bank, OJK dan bank sentral
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar
|
Jenis Bahan Ajar
|
· Mendeskripsikan
bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral
|
· Menjelaskan
Pengertian bank, LKBB, OJK dan bank sentral
· Menjelaskan fungsi
bank, LKBB, OJK dan bank sentral.
· Menjelaskan jenis bank,
LKBB, dan bank sentral
· Menjelaskan prinsip
kegiatan usaha bank, LKBB, dan bank sentral
· Menjelaskan produk
bank, LKBB, dan bank sentral
· Menjelaskan tugas
dan wewenang OJK dan bank sentral
|
· Pengertian bank,
LKBB, OJK dan bank sentral
· fungsi bank, LKBB,
OJK dan bank sentral.
· Jenis bank, LKBB,
dan bank sentral
· Prinsip kegiatan usaha bank, LKBB, dan bank
sentral
· Produk bank, LKBB,
dan bank sentral
· Tugas dan wewenang
OJK dan bank sentral
|
· Secara individu merumuskan pengertian, bank, LKBB, OJK dan
bank sentral
· Secara individu
mengidentifikasi fungsi bank, LKBB, OJK dan bank sentral.
· Secara kelompok
mengidentifikasi jenis bank, LKBB, dan bank sentral
· Secara berkelompok
mengidentifikasi Prinsip kegiatan usaha bank, LKBB, dan bank sentral
· Secara Individu berlatih mengetahui produk bank, LKBB, dan
bank sentral
· Secara kelompok
berlatih menghafal Tugas dan wewenang OJK dan bank sentral
|
· Buku paket ekonomi
Kemendikbud
· Buku-buku ekonomi
penunjang yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· www.ojk.go.id
· www.idx.co.id
·
Undang-undang
No. 23 Tahun 1999 junto UU No. 3 Tahun 2004 junto No. 6 Tahun 2009 tentang BI
·
Undang-undang
No.21 tahun 2011 tentang OJK
· Undang-undang No. 10
Tahun 1998 tentang Perbankan
· Undang-undang No. 21
Tahun 2008 tentang Perbankan
Syariah
|
·
Hand Out
·
Power point
·
Video
|
Mengetahui Surakarta,
24 Maret 2019
Kepala Sekolah Guru
Ekonomi
Nama Guru Nama
Guru
NIP. NIP.
PETA KOMPETENSI BAHAN
AJAR
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas
: X/ IPS
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mempraktikan ketrampilan dasar bank, lembaga keuangan bukan
bank, OJK dan bank sentral
Kompetensi
Dasar : Mendeskripsikan bank, lembaga keuangan
bukan bank, OJK dan bank sentral
Materi
Pembelajaran, Judul, Bahan Ajar
|
|||||
![]() |
|||||
|
|||||
|
|||||

|
|
|
|
|





A. Prosedur analisis
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Materi Pembelajaran
|
|
3.1
Mendeskripsikan
bank,
lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral
|
1
Bank
· Pengertian bank
· Fungsi bank
· Jenis, prinsip kegiatan usaha,dan
produk bank
2 Lembaga Keuangan
Bukan Bank (LKBB)
· Pengertian lembaga
keuangan bukan bank
· Fungsi lembaga
keuangan bukan bank
·
Jenis, prinsip kegiatan usaha, dan
produk
lembaga
keuangan bukan bank
3
Bank
sentral
· Pengertian bank
sentral
· Fungsi, tugas dan
wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia
·
Stabilitas sistem keuangan
4 Otoritas Jasa
Keuangan (OJK)
· Pengertian OJK
Fungsi,
tugas, dan wewenang OJK
|
Fakta
1. kondisi bank secara umum
2. Peran bank, LKBB, bank sentral dan OJK
3. prinsip ekonomi dalam kehidupan
Konsep
1. konsep bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
2. pengertian bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
3. Fungsi bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
4. Jenis bank dan LKBB
5. Prinsip kegiatan usaha bank dan LKBB
6. Produk bank dan LKBB
7. Tugas dan wewenangan bank sentral dan OJK
Prinsip
1. memahami bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
2.memahami fungsi dan jenis
bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
3. meganalisis dan menghubungkan pengertian,
jenis,fungsi, produk, prinsip kegiatan, tugas dan wewenang bank, LKBB, Bank
Sentral dan OJK dengan data yang sudah di kumpulkan
Prosedur:
1. Langkah kerja ilmiah
2. penyajian informasi
3. menganalis dan menghubungkan informasi bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
Metakognitif:
1.
Menerapkan
prinsip ekonomi
2.
Untuk
memecahkan suatu masalah ekonomi
|
|
4.1 Menyajikan peran dan produk
bank, lembaga keuangan bukan bank, Otoritas jasa Keuangan (OJK) dan Bank Sentral
|
1.
Alternatif kegiatan pembelajaran sesuai
tahapan:
a.
Mengamati: pengertian bank
dan lembaga keuangan bukan bank, fungsi
bank dan lembaga keuangan bukan bank jenis,
prinsip kegiatan usaha, dan produk bank dan
lembaga keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral
Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian
OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK
dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
b.
Menanya:
bertanya dan
berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi
tentang pengertian bank dan lembaga keuangan bukan bank, fungsi bank dan lembaga keuangan bukan bank, jenis, prinsip kegiatan usaha, dan produk bank dan
lembaga keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral
Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian
OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK
c.
Mengeksplorasi:
mengumpulkan
data/informasi pengertian bank dan lembaga keuangan bukan bank, fungsi bank dan lembaga keuangan
bukan bank jenis, prinsip kegiatan usaha, dan produk bank dan
lembaga keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral
Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian
OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK
dari berbagai sumber belajar yang relevan
d.
Mengasosiasi :
menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data serta
menghubungkannya tentang pengertian bank dan
lembaga keuangan bukan bank, fungsi
bank dan lembaga keuangan bukan bank jenis, prinsip
kegiatan usaha, dan produk bank dan lembaga keuangan bukan bank,
pengertian bank sentral, fungsi,
tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK
berdasarkan data/informasi yang sudah dikumpulkan
e. Mengomunikasikan:
Laporan dan
mempresentasikannya dalam bentuk lisan dan tulisan tentang peran dan produk
bank dan lembaga keuangan bukan bank, serta peran dan fungsi bank sentral dan
OJK
Berikut contoh
alternatif kegiatan pembelajaran.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Materi Pembelajaran
|
Alternatif Pembelajaran
|
|
3.1
Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
|
Konsep Ekonomi
1. Pengertian Ilmu ekonomi
2. Pembagian Ilmu ekonomi
3. Prinsip ekonomi
|
Fakta
1. Kondisi ekonomi secara umum
2. Sumber daya ekonomi yang ada
3. Ilmu ekonomi menurut beberapa ahli
4. prinsip ekonomi dalam kehidupan
Konsep
1. konsep ekonomi arjinalisme
2. pengertian ilmu ekonomi
3. pembagian ilmu ekonomi
4. prinsip ekonomi
Prinsip
1. memahami ilmu ekonomi
2. memahami pembagian ilmu ekonomi
3. menerapkan prinsip ekonomi
4. menerapkan prinsip ekonomi
Prosedur:
1. Langkah kerja ilmiah
2. penyajian informasi
3. menerapkan prinsip ekonomi
Metakognitif:
1.
Menerapkan
prinsip ekonomi
2.
Untuk
memecahkan suatu masalah ekonomi
|
Mengamati:
1. Mencari informasi tentang kondisi ekonomi secara umum
2. Melihat video atau gambar beberapa contoh sumber daya
ekonomi yang ada
3. Mencari literatur mengenai ilmu ekonom dari beberapa
tokoh ahli
4. mencari literatur tentang pembagian ilmu ekonomi
5. mengamati tentang perilaku pelaku ekonomi dalam
menerapkan prinsip ekonomi
Menanya
1. Diskusi kelompok mengenai kondisi ekonomi saat tersebut
2. Diskusi kelas tentang suatu konsep ekonomi
3. Diskusi kelas pengertian ilmu ekonomi
4. Diskusi Kelas tentang
pembagian ilmu ekonomi
5. Diskusi tentang prinsip ekonomi dan penerapan prinsip
ekonomi dalam kehidupan
Mencoba/mengeksplorasi
1. Menafsirkan salah satu definisi ilmu ekonomi dari
seorang ahli
2. mengkaji bidang ekonomi yang sesuai dengan pembagian
ilmu ekonomi
3. menyelesaikan kasus dengan meggunakan prinsip ekonomi
Mengasosiasi
1. menganalisis hubungan antara
pengertian ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi
2. Menyimpulkan konsep dasar ilmu
ekonomi dalam bentuk media (lisan dan tulisan)
3. membuat hubungan antara konsep
dasar ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi
Mengomunikasikan
1. membuat laporan tertulis
2. mempresentasikan kesimpulan tentang hubungan antara
konsep dasar ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi dalam bentuk
media (lisan dan tulisan)
|
|
4.1 Menyajikan konsep
ilmu ekonomi
|
2.
Alternatif
penilaian (Penilaian Autentik)
a.
Aspek pengetahuan melalui
tes dan non tes
b.
Aspek keterampilan melalui
observasi kinerja dan portofolio produk
c.
Aspek sikap melalui
pengamatan
Berikut contoh mengembangkan penilaian
autentik.
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
||||
Indikator
|
Penilaian
|
Indikator
|
Penilaian
|
Indikator
|
Penilaian
|
|
· Menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi
kelompok
· Menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau
pencarian informasi
· Menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan
melaksanakan kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab
· menunjukan sikap toleransi dan saling menghargai
|
Studi literature
(kemampuan siswa dalam mencari sumber relevan secara benar,
menghargai pendapat orang lain dengan pemikirannya)
Presentasi kelompok
Sikap individu yang dinilai:kejujuran, disiplin, bekerjasama,
tanggungjawab, toleransi
sikap ilmiah : kritis, rasa ingin tahu, objektif
|
· Menjelaskan konsep ekonomi
· menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
· mengidentifikasi pembagian ilmu ekonomi
· menjelaskan prinsip ekonomi
· Menjelaskan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian
ekonomi, pembagain ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
|
Observasi
1. sistematika laporan
2. Aspek:
3. sistemati ka penulisan laporan
4. penyajian laporan dalam bentuk presentasi
5. jawaban pertanyaan dari diskusi dan presentasi
Kelengkapan Tes aspek:
1. UH (bentuk uraian) 2. UTS (bentuk PG)
|
1. mencari informasi dan data yang relevan
2. kemampuan dalam diskusi
3. Membuat laporan tertulis
4. Mempresentasikan informasi
mengenai materi
|
Observasi
Keg.Relevansi aspek:
1. sistematika penulisan
2. penggunaan bahasa
3. kemampuan berkomunikasi
4. presentasi kelompok
5. penyajian laporan
6. penguasaan materi
7. teknik bertanya dan menjawab
8. metode penyajian
Keg.hasil
laporan/ portofolioaspek:
1. laporan
2. rubric penilaian diskusi
3. rubric penilaian presentasi atau penyajian laporan
4. Tanya jawab dalam presentasi
|
|
B. Hasil Analisis Kompetensi
Untuk
lengkapnya berikut hasil analisis kompetensi
Mata
Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/Ganjil
Kompetensi
Inti :
1 Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2 Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3 Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4 Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Materi Pembelajaran
|
Alternatif Pembelajaran
|
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
Indikator
|
Penilaian
|
Indikator
|
Penilaian
|
Indikator
|
Penilaian
|
||||
3.2 Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
|
Konsep Ekonomi
1. Pengertian Ilmu ekonomi
2. Pembagian Ilmu ekonomi
3. Prinsip ekonomi
|
Fakta
1. Kondisi ekonomi secara umum
2. Sumber daya ekonomi yang ada
3. Ilmu ekonomi menurut beberapa ahli
4. prinsip ekonomi dalam kehidupan
Konsep
1. konsep ekonomi arjinalisme
2. pengertian ilmu ekonomi
3. pembagian ilmu ekonomi
4. prinsip ekonomi
Prinsip
1. memahami ilmu ekonomi
2. memahami pembagian ilmu ekonomi
3. menerapkan prinsip ekonomi
4. menerapkan prinsip ekonomi
Prosedur:
1. Langkah kerja ilmiah
2. penyajian informasi
3. menerapkan prinsip ekonomi
Metakognitif:
1.
Menerapkan
prinsip ekonomi
2.
Untuk
memecahkan suatu masalah ekonomi
|
Mengamati:
1. Mencari informasi tentang kondisi ekonomi secara umum
2. Melihat video atau gambar beberapa contoh sumber daya
ekonomi yang ada
3. Mencari literatur mengenai ilmu ekonom dari beberapa
tokoh ahli
4. mencari literatur tentang pembagian ilmu ekonomi
5. mengamati tentang perilaku pelaku ekonomi dalam
menerapkan prinsip ekonomi
Menanya
1. Diskusi kelompok mengenai kondisi ekonomi saat tersebut
2. Diskusi kelas tentang suatu konsep ekonomi
3. Diskusi kelas pengertian ilmu ekonomi
4. Diskusi Kelas tentang
pembagian ilmu ekonomi
5. Diskusi tentang prinsip ekonomi dan penerapan prinsip
ekonomi dalam kehidupan
Mencoba/mengeksplorasi
1. Menafsirkan salah satu definisi ilmu ekonomi dari
seorang ahli
2. mengkaji bidang ekonomi yang sesuai dengan pembagian
ilmu ekonomi
3. menyelesaikan kasus dengan meggunakan prinsip ekonomi
Mengasosiasi
1. menganalisis hubungan antara
pengertian ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi
2. Menyimpulkan konsep dasar ilmu
ekonomi dalam bentuk media (lisan dan tulisan)
3. membuat hubungan antara konsep
dasar ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi
Mengomunikasikan
1. membuat laporan tertulis
2. mempresentasikan kesimpulan tentang hubungan antara
konsep dasar ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi dalam bentuk
media (lisan dan tulisan)
|
1. Menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi
kelompok
2. Menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau
pencarian informasi
4. Menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan
melaksanakan kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab
5. menunjukan sikap toleransi dan saling menghargai
|
Studi literature
· (kemampuan siswa dalam mencari sumber relevan secara benar,
menghargai pendapat orang lain dengan pemikirannya)
Presentasi kelompok
· Sikap individu yang dinilai:kejujuran, disiplin, bekerjasama,
tanggungjawab, toleransi
· sikap ilmiah : kritis, rasa ingin tahu, objektif
|
1.
Menjelaskan
konsep ekonomi
2. menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
3. mengidentifikasi pembagian ilmu ekonomi
4. menjelaskan prinsip ekonomi
5. Menjelaskan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian
ekonomi, pembagain ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
|
Observasi
1. sistematika laporan
2. Aspek:
3. sistemati ka penulisan laporan
4. penyajian laporan dalam bentuk presentasi
5. jawaban pertanyaan dari diskusi dan presentasi
Kelengkapan Tes aspek:
1. UH (bentuk uraian) 2. UTS (bentuk PG)
|
1. mencari informasi dan data yang relevan
2. kemampuan dalam diskusi
3. Membuat laporan tertulis
4. Mempresentasikan informasi
mengenai materi
|
Observasi
Keg.Relevansi aspek:
1. sistematika penulisan
2. penggunaan bahasa
3. kemampuan berkomunikasi
4. presentasi kelompok
5. penyajian laporan
6. penguasaan materi
7. teknik bertanya dan menjawab
8. metode penyajian
Keg.hasil laporan/
portofolioaspek:
1. laporan
2. rubric penilaian diskusi
3. rubric penilaian presentasi atau penyajian laporan
4. Tanya jawab dalam presentasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar