Rabu, 06 November 2019

ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR Mata Pelajaran : Ekonomi Kelas : X/ IPS, Bank lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral


ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas                           : X/ IPS
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : Mempraktikan  ketrampilan dasar bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar
Jenis Bahan Ajar
·   Mendeskripsikan bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral
· Menjelaskan Pengertian bank, LKBB, OJK dan bank sentral
· Menjelaskan fungsi bank, LKBB, OJK dan bank sentral.
· Menjelaskan jenis bank, LKBB, dan bank sentral
· Menjelaskan prinsip kegiatan usaha bank, LKBB, dan bank sentral
· Menjelaskan produk bank, LKBB, dan bank sentral
· Menjelaskan tugas dan wewenang OJK dan bank sentral
·   Pengertian bank, LKBB, OJK dan bank sentral


· fungsi bank, LKBB, OJK dan bank sentral.


· Jenis bank, LKBB, dan bank sentral

·  Prinsip kegiatan usaha bank, LKBB, dan bank sentral


· Produk bank, LKBB, dan bank sentral

· Tugas dan wewenang OJK dan bank sentral

·   Secara individu  merumuskan pengertian, bank, LKBB, OJK dan bank sentral

· Secara individu mengidentifikasi fungsi bank, LKBB, OJK dan bank sentral.

· Secara kelompok mengidentifikasi jenis bank, LKBB, dan bank sentral
· Secara berkelompok mengidentifikasi Prinsip kegiatan usaha bank, LKBB, dan bank sentral


· Secara Individu  berlatih mengetahui produk bank, LKBB, dan bank sentral
· Secara kelompok berlatih menghafal Tugas dan wewenang OJK dan bank sentral
·     Buku paket ekonomi Kemendikbud
·     Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     www.bi.go.id
·     www.ojk.go.id
·     www.idx.co.id
·    Undang-undang No. 23 Tahun 1999 junto UU No. 3 Tahun 2004 junto No. 6 Tahun 2009 tentang BI
·    Undang-undang No.21 tahun 2011 tentang OJK
·     Undang-undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan
·     Undang-undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan
Syariah
·   Hand Out
·   Power point
·   Video
           

Mengetahui                                                                                         Surakarta, 24 Maret 2019
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Ekonomi

Nama Guru                                                                                         Nama Guru
NIP.                                                                                                   NIP.





PETA KOMPETENSI BAHAN AJAR
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas                           : X/ IPS
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : Mempraktikan  ketrampilan dasar bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral
Kompetensi Dasar       : Mendeskripsikan bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral
                                                                                                            Materi Pembelajaran, Judul, Bahan Ajar







1.Pengertian bank, LKBB, OJK dan bank sentral
 




2. fungsi bank, LKBB, OJK dan bank sentral
 



3. Jenis bank, LKBB, dan bank sentral

 

 



Mendeskripsikan bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral
 
Mempraktikan  ketrampilan dasar bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral
 
Standard Kompetensi                  Kompetensi Dasar
· 6. Tugas dan wewenang OJK dan bank sentral

 
5. Produk bank, LKBB, dan bank sentral


 
4. Prinsip kegiatan usaha bank, LKBB, dan bank sentral

 
 






A.  Prosedur analisis

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Materi Pembelajaran


3.1         Mendeskripsikan bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral




1         Bank
·      Pengertian bank
·      Fungsi bank
·      Jenis, prinsip kegiatan usaha,dan produk  bank

2 Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)
·      Pengertian lembaga keuangan bukan bank
·      Fungsi lembaga keuangan bukan bank
·      Jenis, prinsip kegiatan usaha, dan produk 
lembaga keuangan bukan bank

3         Bank sentral
·      Pengertian bank sentral
·      Fungsi, tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia
·      Stabilitas sistem keuangan

4      Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
·      Pengertian OJK
Fungsi, tugas, dan wewenang OJK

Fakta
1.   kondisi bank secara umum
2.   Peran bank, LKBB, bank sentral dan OJK
3.   prinsip ekonomi dalam kehidupan
Konsep
1. konsep bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
2. pengertian bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
3. Fungsi bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
4. Jenis bank dan  LKBB
5. Prinsip kegiatan usaha bank dan LKBB
6. Produk bank dan LKBB
7. Tugas dan wewenangan bank sentral dan OJK
Prinsip
1.   memahami bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
2.memahami fungsi dan jenis
bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
3. meganalisis dan menghubungkan pengertian, jenis,fungsi, produk, prinsip kegiatan, tugas dan wewenang bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK dengan data yang sudah di kumpulkan

Prosedur:
1.    Langkah kerja ilmiah
2.    penyajian informasi
3.    menganalis dan menghubungkan informasi bank, LKBB, Bank Sentral dan OJK
Metakognitif:
1.    Menerapkan prinsip ekonomi
2.    Untuk memecahkan suatu masalah ekonomi

4.1 Menyajikan peran dan produk bank, lembaga keuangan bukan bank, Otoritas jasa Keuangan (OJK)  dan Bank Sentral








1.    Alternatif kegiatan pembelajaran sesuai tahapan:
a.         Mengamati: pengertian bank dan lembaga keuangan bukan bank, fungsi bank dan lembaga keuangan bukan bank jenis, prinsip kegiatan usaha, dan produk  bank dan lembaga keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
b.         Menanya:
bertanya dan berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang pengertian bank dan lembaga keuangan bukan bank, fungsi bank dan lembaga keuangan bukan bank, jenis, prinsip kegiatan usaha, dan produk  bank dan lembaga keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK
c.          Mengeksplorasi:
mengumpulkan data/informasi pengertian bank dan lembaga keuangan bukan bank, fungsi bank dan lembaga keuangan bukan bank jenis, prinsip kegiatan usaha, dan produk  bank dan lembaga keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK dari berbagai sumber belajar yang relevan
d.       Mengasosiasi :
menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkannya tentang pengertian bank dan lembaga keuangan bukan bank, fungsi bank dan lembaga keuangan bukan bank jenis, prinsip kegiatan usaha, dan produk  bank dan lembaga keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK berdasarkan data/informasi yang sudah dikumpulkan

e.       Mengomunikasikan:
Laporan dan mempresentasikannya dalam bentuk lisan dan tulisan tentang peran dan produk bank dan lembaga keuangan bukan bank, serta peran dan fungsi bank sentral dan OJK


Berikut contoh alternatif kegiatan pembelajaran.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Materi Pembelajaran
Alternatif Pembelajaran


3.1        Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi




Konsep Ekonomi
1.   Pengertian Ilmu ekonomi
2.   Pembagian Ilmu ekonomi
3.   Prinsip ekonomi


Fakta
1.   Kondisi ekonomi secara umum
2.   Sumber daya ekonomi yang ada
3.   Ilmu ekonomi menurut beberapa ahli
4.   prinsip ekonomi dalam kehidupan

Konsep
1.   konsep ekonomi arjinalisme
2.   pengertian ilmu ekonomi
3.   pembagian ilmu ekonomi
4.   prinsip ekonomi

Prinsip

1.   memahami ilmu ekonomi
2.   memahami pembagian ilmu ekonomi
3.   menerapkan prinsip ekonomi
4.   menerapkan prinsip ekonomi

Prosedur:
1.    Langkah kerja ilmiah
2.    penyajian informasi
3.    menerapkan prinsip ekonomi

Metakognitif:
1.    Menerapkan prinsip ekonomi
2.    Untuk memecahkan suatu masalah ekonomi


Mengamati:
1.   Mencari informasi tentang kondisi ekonomi secara umum
2.   Melihat video atau gambar beberapa contoh sumber daya ekonomi yang ada
3.   Mencari literatur mengenai ilmu ekonom dari beberapa tokoh ahli
4.   mencari literatur tentang pembagian ilmu ekonomi
5.   mengamati tentang perilaku pelaku ekonomi dalam menerapkan prinsip ekonomi
Menanya
1. Diskusi kelompok mengenai kondisi ekonomi saat tersebut
2. Diskusi kelas tentang suatu konsep ekonomi
3. Diskusi kelas pengertian ilmu ekonomi
4. Diskusi Kelas tentang  pembagian ilmu ekonomi
5. Diskusi tentang prinsip ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan
Mencoba/mengeksplorasi
1. Menafsirkan salah satu definisi ilmu ekonomi dari seorang ahli
2. mengkaji bidang ekonomi yang sesuai dengan pembagian ilmu ekonomi
3. menyelesaikan kasus dengan meggunakan prinsip ekonomi
Mengasosiasi
1.    menganalisis hubungan antara pengertian ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi
2.    Menyimpulkan konsep dasar ilmu ekonomi dalam bentuk media (lisan dan tulisan)
3.    membuat hubungan antara konsep dasar ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi
Mengomunikasikan
1.  membuat laporan tertulis
2.  mempresentasikan kesimpulan tentang hubungan antara konsep dasar ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi dalam bentuk media (lisan dan tulisan)

4.1 Menyajikan konsep ilmu ekonomi







2.   Alternatif penilaian (Penilaian Autentik)
a.   Aspek pengetahuan melalui tes dan non tes
b.   Aspek keterampilan melalui observasi kinerja dan portofolio produk
c.   Aspek sikap melalui pengamatan
 Berikut contoh mengembangkan penilaian autentik.
Sikap
Pengetahuan
Keterampilan

Indikator
Penilaian
Indikator
Penilaian
Indikator
Penilaian

·    Menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
·    Menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau pencarian informasi
·    Menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab
·    menunjukan sikap toleransi dan saling menghargai

Studi literature
(kemampuan siswa dalam mencari sumber relevan secara benar, menghargai pendapat orang lain dengan pemikirannya)
Presentasi kelompok

Sikap individu yang dinilai:kejujuran, disiplin, bekerjasama, tanggungjawab, toleransi

sikap ilmiah : kritis, rasa ingin tahu, objektif
·    Menjelaskan konsep ekonomi
·    menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
·    mengidentifikasi pembagian ilmu ekonomi
·    menjelaskan prinsip ekonomi
·    Menjelaskan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagain ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi

Observasi
1.  sistematika laporan
2.  Aspek:
3.  sistemati ka penulisan laporan
4.  penyajian laporan dalam bentuk presentasi
5.  jawaban pertanyaan dari diskusi dan presentasi


Kelengkapan Tes aspek:
1.  UH (bentuk uraian)           2. UTS (bentuk PG)

1.    mencari informasi dan data yang relevan
2.    kemampuan  dalam diskusi
3.    Membuat laporan tertulis
4.    Mempresentasikan  informasi mengenai materi
Observasi
Keg.Relevansi aspek:
1. sistematika penulisan
2. penggunaan bahasa
3. kemampuan berkomunikasi
4. presentasi kelompok
5. penyajian laporan
6. penguasaan materi
7. teknik  bertanya dan menjawab
8. metode penyajian

Keg.hasil  laporan/ portofolioaspek:
1. laporan
2. rubric penilaian diskusi
3. rubric penilaian presentasi atau penyajian laporan
4. Tanya jawab dalam presentasi





B.  Hasil Analisis Kompetensi
        Untuk lengkapnya berikut hasil analisis kompetensi
Mata Pelajaran                   : EKONOMI             
Kelas/Semester                 : X/Ganjil               
Kompetensi Inti                  :                 
1   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya 
2   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.   
3   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.    
4   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai  kaidah keilmuan.        


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Materi Pembelajaran
Alternatif Pembelajaran
Sikap
Pengetahuan
Keterampilan
Indikator
Penilaian
Indikator
Penilaian
Indikator
Penilaian
3.2 Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi




Konsep Ekonomi
1.   Pengertian Ilmu ekonomi
2.   Pembagian Ilmu ekonomi
3.   Prinsip ekonomi


Fakta
1.   Kondisi ekonomi secara umum
2.   Sumber daya ekonomi yang ada
3.   Ilmu ekonomi menurut beberapa ahli
4.   prinsip ekonomi dalam kehidupan

Konsep
1.   konsep ekonomi arjinalisme
2.   pengertian ilmu ekonomi
3.   pembagian ilmu ekonomi
4.   prinsip ekonomi

Prinsip

1.   memahami ilmu ekonomi
2.   memahami pembagian ilmu ekonomi
3.   menerapkan prinsip ekonomi
4.   menerapkan prinsip ekonomi

Prosedur:
1.    Langkah kerja ilmiah
2.    penyajian informasi
3.    menerapkan prinsip ekonomi

Metakognitif:
1.    Menerapkan prinsip ekonomi
2.    Untuk memecahkan suatu masalah ekonomi


Mengamati:
1.   Mencari informasi tentang kondisi ekonomi secara umum
2.   Melihat video atau gambar beberapa contoh sumber daya ekonomi yang ada
3.   Mencari literatur mengenai ilmu ekonom dari beberapa tokoh ahli
4.   mencari literatur tentang pembagian ilmu ekonomi
5.   mengamati tentang perilaku pelaku ekonomi dalam menerapkan prinsip ekonomi
Menanya
1. Diskusi kelompok mengenai kondisi ekonomi saat tersebut
2. Diskusi kelas tentang suatu konsep ekonomi
3. Diskusi kelas pengertian ilmu ekonomi
4. Diskusi Kelas tentang  pembagian ilmu ekonomi
5. Diskusi tentang prinsip ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan

Mencoba/mengeksplorasi
1.   Menafsirkan salah satu definisi ilmu ekonomi dari seorang ahli
2.   mengkaji bidang ekonomi yang sesuai dengan pembagian ilmu ekonomi
3.   menyelesaikan kasus dengan meggunakan prinsip ekonomi

Mengasosiasi
1.    menganalisis hubungan antara pengertian ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi
2.    Menyimpulkan konsep dasar ilmu ekonomi dalam bentuk media (lisan dan tulisan)
3.    membuat hubungan antara konsep dasar ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi

Mengomunikasikan
1.   membuat laporan tertulis
2.   mempresentasikan kesimpulan tentang hubungan antara konsep dasar ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi dalam bentuk media (lisan dan tulisan)
1.   Menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
2.   Menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau pencarian informasi
4.   Menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab
5.   menunjukan sikap toleransi dan saling menghargai

Studi literature
·       (kemampuan siswa dalam mencari sumber relevan secara benar, menghargai pendapat orang lain dengan pemikirannya)
Presentasi kelompok

·       Sikap individu yang dinilai:kejujuran, disiplin, bekerjasama, tanggungjawab, toleransi

·       sikap ilmiah : kritis, rasa ingin tahu, objektif
1.    Menjelaskan konsep ekonomi
2.   menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
3.   mengidentifikasi pembagian ilmu ekonomi
4.   menjelaskan prinsip ekonomi
5.   Menjelaskan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagain ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi

Observasi

1.   sistematika laporan
2.   Aspek:
3.   sistemati ka penulisan laporan
4.   penyajian laporan dalam bentuk presentasi
5.   jawaban pertanyaan dari diskusi dan presentasi


Kelengkapan Tes aspek:
1.  UH (bentuk uraian)           2. UTS (bentuk PG)

1.   mencari informasi dan data yang relevan
2.   kemampuan  dalam diskusi
3.   Membuat laporan tertulis
4.   Mempresentasikan  informasi mengenai materi
Observasi
Keg.Relevansi aspek:
1.   sistematika penulisan
2.   penggunaan bahasa
3.   kemampuan berkomunikasi
4.   presentasi kelompok
5.   penyajian laporan
6.   penguasaan materi
7.   teknik  bertanya dan menjawab
8.   metode penyajian

Keg.hasil  laporan/ portofolioaspek:
1.   laporan
2.   rubric penilaian diskusi
3.   rubric penilaian presentasi atau penyajian laporan
4.   Tanya jawab dalam presentasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MASA DEPAN EKONOMI ISLAM

MASA DEPAN EKONOMI ISLAM Masalah ekonomi zaman sekarang dan ketidakmampuan ekonomi neoklasik untuk menganalisisnya dan menyaranka...